oleh

Kebakaran Disebabkan Human Eror

Masyarakat Diimbau untuk Hati-hati

bandungekspres.co.id– Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi, Hery Setiawan menuturkan, penyebab kebakaran yang terjadi kebanyakan diakibatkan karena human eror, atau ketidak hati-hatian manusia. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap bahaya kebakaran.
”Karenanya kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa terhindar dari resiko kebakaran,” ulasnya usai syukuran HUT Damkar di Kantor UPTD Damkar Kota Cimahi Jalan Baros Senin (7/3) kemarin.
Biasanya, kebakaran yang terjadi di Kota Cimahi mayoritas diakibatkan karena konsleting atau arus pendek dan meledaknya tabung gas. Pihaknya mencatat, untuk tahun ini saja sudah ada enam kejadian kebakaran di Kota Cimahi.
Untuk melakukan pencegahan, di tahun ini UPTD Damkar Cimahi mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sebanyak 16 kali yang difokuskan ke tingkat RT dan RW se Kota Cimahi. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan rutin Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) di beberapa instansi pemerintahan maupun swasta.
Hal ini bertujuan supaya jumlah kejadian kebakaran bisa terus ditekan, Karena jika di suatu daerah minim terjadinya kebakaran, maka daerah itu sudah dikatagorikan berprestasi. ”Jika suatu daerah banyak terjadi kebakaran, menurut kami itu bukan sebuah prestasi, justru yang bagus adalah yang kejadianya minim,” ucapnya.
Selain sosialisasi pencegahan kebakaran, pihaknya juga memberikan pengertian kepada masyarkat terkait tugas Damkar. ”Baru-baru ini kami pernah membantu warga yang terkena sengatan tawon, atau membantu evakuasi korban yang tenggelam, karena Damkar juga berfungsi sebagau resque,” pungkasnya. (bun/asp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga