oleh

Pemindahan Gerbang Tol Padalarang Langsung Dibahas

Dia berharap, melalui pertemuan yang dibahas di Kantor PT Jasa Marga, Pasteur, Kota Bandung tidak hanya sekadar mendengar penjelasan dari PT Jasa Marga melainkan juga bisa mencari jalan keluarnya. Sementara itu, pantauan di lapangan pembangunan gerbang Tol Padalarang sudah berhenti sejak pertengahan Februari lalu. Hingga sekarang baru terpasang rangka besi di sisi utara pintu keluar Tol Padalarang.

“Kita berharap dengan dimajukannnya pintu gerbang tol ini tidak mengakibatkan kemacetan parah. Kita juga akan tetap berkoordinasi dengan kepolisian agar melakukan pengaturan jalur lalu lintas,” ujarnya.

Seperti diketahui, kemacetan di Jalan Raya Padalarang hingga pertigaan Cimareme sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Pada jam-jam sibuk, seperti pagi, siang, dan sore sudah hampir dipastikan kemacetan bakal menyergap. Berdasarkan hitungan Dishubkominfo Kabupaten Bandung Barat pada 2010 kemacetan di pertigaan Cimareme bisa menghabiskan konsumsi BBM kendaraan rata-rata Rp 5.958.599 per hari, atau dalam satu bulan sebanyak Rp 5.242.410.095.

Bahkan, untuk mengurai kemacetan di pertigaan Cimareme dan Padalarang, sempat diberlakukan pembatasan jam operasional bagi kendaraan berat. Namun, hal ini masih terjadi perbedaan pendapat antara Pemkab Bandung Barat dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Para pengusaha meminta agar pemberlakukan pembatasan operasional truk di status quo-kan. Pembatasan jam operasional bagi kendaraan berat angkutan barang seperti truk sumbu 2 atau lebih dilarang masuk mulai pukul 06.00 sampai 10.00 dan pukul 16.00 sampai 20.00 tidak boleh melewati lima ruas jalan tersebut. Namun setelah digelar rapat kembali larangan operasional dikurangi sejam baik pagi maupun sore. Tadinya sampai pukul 10.00 jadi 09.00, dan pukul 16.00 sampai pukul. 20.00 WIB jadi sampai 19.00. (drx/rie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.