Identifikasi Penyebab Kebakaran, Tim Puslabfor Mabes Polri Periksa Jaya Plaza

bandungekspres.co.id – Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri melakukan target satu titik identifikasi penyebab dugaan kebakaran hebat Gedung Jaya Plaza Kosambi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, kemarin (25/2).

Salah seorang sekuriti Jaya Plaza Nanang, 51, membenarkan jika ada kegiatan pengecekan dari Puslabfor Mabes Polri. ”Kegiatan tersebut dilakukan sudah dari kemarin, hanya karena gelap, jadi diceknya sekarang,” kata Nanang saat diwawancara di Pos Jaya Plaza kemarin.

Dia tidak mengetahui secara jelas terkait pengecekan tersebut. Sebab, pengecekan dilakukan secara tertutup yang terlihat datangnya saja, ada dua kendaraan roda empat. ”Sepertinnya semua bagian dicek,” ujarnya.

Nanang mengungkapkan, sekitar pukul 13.00 WIB, rombongan tim Puslabfor keluar dari gedung tempat penjualan barang elektronik tersebut. ”Dua buah kendaraan roda empat yang ditumpangi oleh anggota tim langsung meninggalkan lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Bandung AKBP Mohamad Ngajib membenarkan, tim Puslabfor Mabes Polri melakukan pengecekan setelah meminta keterangan dari saksi-saksi. ”Setelah meminta keterangan, langsung melakukan olah TKP,” kata Ngajib di Jaya Plaza kemarin.

Pengecekan titik sumber api mulai diberlakukan, tutur Ngajib, karena pemeriksaan saksi di dua lantai yang menjadi lokasi kebakaran masih diperlukan. ”Tadi petugas memeriksa saksi terlebih dahulu. Kalau dugaan penyebab kebakaran arus pendek, tidak menutup kemungkinan mengarah ke sana,” tuturnya.

Ngajib menjelaskan, Tim Puslabfor mengecek dugaan titik sumber kebakaran tersebut menjadi titik fokus melakukan identifikasi. ”Ini baru mulai memeriksa, ada satu titik atau sumber kebakaran itu. Bukan kios, tapi titik yang diduga sumber api itu berasal,” jelasnya.

Tim Puslabfor, ucap Ngajib, memfokuskan identifikasi di satu titik yang menjadi sumber kebakaran. Belum diketahui hasil identifikasi yang dilakukan Tim Puslabfor. Karena ada satu titik yang diduga sumber api di lantai dua.

”Hasil identifikasi yang dilakukan oleh Puslabfor pun dibawa langsung ke Mabes Polri untuk diperiksa,” pungkasnya. (yul/fik)

Tinggalkan Balasan