Mudahnya Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Segera Sosialisasi hingga Tingkat RT

bandungekspres.co.id – Untuk menyebarkan informasi dan pemahaman pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan , Tim Sosialisasi yang dipimpin Abdurrohman Sholih, kepala Bidang Pemasaran mengundang pekerja informal dan non-formal untuk mengikuti sosialisasi pengupahan di Aula Gedung BPJS Jalan Amir Mahmud kemarin (24/2).

”Hari ini kami mengundang dari pelaku usaha di bidang pendidikan atau yayasan tujuannya untuk menginformasikan program bpjs Ketenagakerjaan dan manfaat menjadi peserta BPJS,” tutur kata Abdurrohman kemarin.

”Contohnya bila ada kecelakaan kerja, manfaat BPJS untuk apa saja yang diterima oleh peserta BPJS. Hal itu yang kita sosialisasikan,” tambahnya.

Menurut Abdurrohman, banyak sekali kemudahan-kemudahan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan, pendaftarannya sangat mudah, cukup menunjukkan kartu identitas KTP. ”Itu sudah bisa ikut serta keanggotaan BPJS,” jelasnya.

Dia mengatakan, program penerimaan upah yang saat ini disosialisasikan oleh BPJS adalah program untuk pekerja swasta. Dia mencontohkan, tukang ojek atau tukang sayur atau loper koran, mereka juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. ”Mereka cukup melampirkan fotokopi KTP. Jadi sangat mudah sekali,” jelasnya.

Kemudahan lain, kata dia, termasuk saat melakukan akses pembayaran. Para peserta bisa melakukan transaksi lewat bank yang sudah bekerja dengan BPJS.

”Bisa mengunakan ATM atau membayar langsung ke kantor BPJS. Bank yang bekerjasama dengan BPJS antara lain BNI, BRI dan Mandiri,” tuturnya.

Abdurrohman menegaskan, dalam waktu dekat ini, tim BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan kunjungan dan sosialisasi ke tingkat masyarakat bawah. Sosialisasi tersebut, lanjutnya, sudah kami atur dalam agenda 2016.

”Dimungkinkan kami akan sosialisasi menyeluruh di tingkat RT, RW, hingga kelurahan. Hanya tahapan saat ini baru menginformasikan dan meminta izin pihak kelurahan di Cimahi, yang akan terealisasi dalam waktu dekat di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan,” pungkas dia. (adv/bun/rie)

 

Tinggalkan Balasan