Mending Arsenal Fokus Domestik

”Barca memang sudah memiliki 95 persen peluang ke perempat final. Namun, kami akan tetap kesana dan bermain,” kata Wenger pasca laga kepada BBC Sport.

Wenger menilik pada pertahanan rapi yang dibentuk oleh klub dengan julukan The Gunners tersebut, pada babak pertama.

Seperti biasa, ketika berhadapan dengan lawan yang memiliki penguasaan bola yang jauh lebih tinggi dari Arsenal, Wenger menerapkan skema negatif dengan mengandalkan counter-attack.

Dua bek sayap Arsenal, Hector Bellerin dan Nacho Monreal, mendapat tugas khusus untuk mematikan dua dari trio MSN, Neymar dan Lionel Messi.

Hasilnya, Arsenal hanya mampu melakukan 374 passing dengan tingkat akurasi 76,1 persen. Bandingkan dengan tim tamu yang sangat superior ketika memungkasi 723 umpan, dan tingkat akurasinya 88,5 persen.

Namun, Arsenal masih mampu melakukan sembilan kali disposisi, sementara Barca satu lebih sedikit.

Strategi ini sempat membuahkan sebuah serangan balik cepat di menit ke-44. Ketika Alex Oxlade-Chamberlain melakukan serangan dari sisi kiri pertahanan Barcelona sebelum dihentikan dengan paksa oleh Javier Mascherano.

Namun, di babak kedua, pertahanan Arsenal langsung mengalami reduksi begitu hebat.

Hal ini pun mampu dimanfaatkan oleh Barcelona untuk melakukan serangan balik cepat. Hasilnya, mereka mampu mencetak gol pada menit 71 melalui kerjasama ciamik trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar).

Tuan rumah makin terkapar setelah Mathieu Flamini yang menggantikan Francis Coquelin di menit 82, menjatuhkan Messi di kotak penalti semenit sesudahnya.

Messi yang menjadi eksekutor pun sukses menjalankan gol kelimanya di Liga Champions musim ini.

Imbas dari lengahnya pertahanan Arsenal di babak kedua, Barcelona pun leluasa melakukan delapan tembakan dari total 15 tendangan dinihari kemarin.

”Kami masih memiliki peluang. Itu jika kami bisa terus mengulangi organisasi permainan kami seperti di babak pertama,” timpal Wenger dengan rasa frustrasi. ”Di babak kedua kami terlalu naïf karena kami mengira bisa lolos ketika menahan imbang Barcelona tanpa gol,” imbuh eks pelatih AS Monaco dan Nagoya Grampus Eight itu.

Terpisah, Messi mengaku begitu senang dengan dua gol serta kemenangan yang mereka peroleh kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan