Indonesia Bisa Tuan Rumah AFF Cup 2016

Pencabutan pembekuan itu juga memungkinkan timnas untuk segera mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2017 serta Asian Games 2018. Sebagai negeri gila bola, timnas sepak bola memang selalu mendapat atensi lebih jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain. Meski, karena pengelolaan yang kurang baik, Tim Merah Putih sudah terpuruk sekian lama.

PT Liga Indonesia selaku pengelola liga juga bisa memutar kompetisi. Kebetulan, mereka sudah berancang-ancang menyelenggarakan Indonesia Super Competition pada April mendatang. Namun, karena pembekuan PSSI sudah dicabut, mereka tetap bisa menggelar Indonesia Super League (ISL) seperti sebelumnya.

Sementara itu, La Nyalla dalam rilis resminya menyatakan terima kasih kepada presiden. ’’Kami mohon dukungan dan bimbingan Bapak Presiden Jokowi agar sepak bola Indonesia bisa maju sesuai dengan harapan bangsa Indonesia,’’ tulis pria yang juga ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur itu.

Setelah menghadap presiden, Agum menegaskan pentingnya pengawasan terhadap PSSI. Dia sepakat semua pihak, termasuk pemerintah, ikut mengawasi reformasi yang dilakukan PSSI.

Sebagai negara sepak bola yang sangat besar, kata Agum, Indonesia memiliki posisi tawar yang sangat kuat. Begitu sanksi dari FIFA dicabut, Indonesia akan mendapat keistimewaan. ’’Begitu ban FIFA dicabut, kita akan dipercaya menjadi tuan rumah AFF Cup pada 19 November–17 Desember nanti menggantikan Filipina,’’ ungkapnya.

Sementara itu, tim pelatih Persela Ludianto menyambut positif pencabutan pembekuan PSSI. Dia berharap pemerintah dan PSSI bisa sejalan dalam reformasi sepak bola tanah air. ’’Sebenarnya kami setuju dengan sikap tegas pemerintah sebelumnya. Sebab, tujuannya adalah melindungi pemain dan pelatih. Semoga ke depan bisa jadi pemantik untuk melakukan pembenahan,’’ ujarnya.

Soal kompetisi, dia memiliki pandangan agar tahun ini digunakan sebagai masa transisi. Dia setuju PT Liga menyelenggarakan Indonesia Super Competition (ISC) sebagai pengganti sementara ISL. Dalam masa transisi ini, klub bisa mencari pijakan untuk benar-benar memenuhi standar profesional pada liga musim 2017. (owi/byu/ben/nap/c5/ang/rie)

Setelah Pembekuan PSSI Dicabut

  1. PSSI menyelenggarakan kongres luar biasa (KLB) untuk menyusun kepengurusan baru sesuai dengan Statuta FIFA. KLB paling lambat diselenggarakan enam bulan sejak surat pembekuan PSSI dicabut pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan