Misi Jauhi Partenopei

Bologna vs Juventus

Juventus memang berhasil merebut singgasana klasemen dari Napoli. Namun, Nyonya Tua-julukan Juve belum merasa nyaman. Pasalnya, mereka hanya unggul satu poin dari tim berjuluk Partenopei itu. Karena itu, tiga poin merupakan target yang harus diraih saat Juve melawat ke Renato Dall’Ara dini hari nanti.

Tiga poin dari Bologna akan membuat Juve menjauh dari kejaran Napoli. Perjuangan Napoli sendiri jauh lebih berat. Sebab, Selasa nanti (23/2) mereka harus menghadapi AC Milan.

Namun, agenda Liga Champions yang sudah menanti pertengahan pekan nanti, bisa menjadi handicap. Ya, kedatangan Bayern Muenchen di Juventus Stadium pada Rabu mendatang (24/2), memaksa Massimiliano Allegri untuk melakukan rotasi. Paulo Dybala dan Giorgio Chiellini bakal diistirahatkan. Allegri mengakui, keputusan itu memang sangat dilematis. Pasalnya, Mario Mandzukic juga bakal absen karena masih dibekap cedera.

’’Kami akan lebih membutuhkan peran Chiellini untuk pertandingan hari Rabu nanti (melawan Bayern),’’ kata Allegri kepada Goal. ‘’Saya tak mau mengambil resiko untuk menurunkannya besok (dini hari nanti),’’ ujarnya.

Allegri berpendapat, laga melawan Bologna jauh lebih penting ketimbang Bayern. Sebab, Bologna tak punya beban apa pun di lagan anti. ’’Kami tidak mau bernasib seperti Napoli atau Milan yang sama-sama pernah jadi korban Bologna. Kami harus tampil pintar,’’ lanjutnya.

Hal senada disampaikan gelandang Claudio Marchisio. ’’Kami tidak mau kehilangan puncak yang sudah kami gapai dengan upaya keras ini hanya karena terlalu fokus ke Liga Champions,’’ tandas Marchisio.

Dalam wawancaranya dengan Sky Italia, Marchisio menilai Bologna berpotensi mengganjal laju kencang Juventus. Keberadaan Roberto Donadoni di belakang kemudi Rossoblu – julukan Bologna – adalah penyebabnya. Di tangan Donadoni, klub ini mampu merangsek dari zona degradasi menuju ke 10 Besar dalam 15 giornata.

Total Donadoni menambahkan 24 poin bagi Bologna. Atau bisa mencapai 1,6 poin per pertandingannya. ’’Donadoni melakukan tugasnya dengan hebat. Bukan hanya mengubah permainan Bologna, Donadoni juga mengubah motivasi pemainnya,’’ tutur Marchisio.

Di sisi lain, Donadoni mengingatkan pemainnya agar memperbaiki rekor home-mereka. Bologna ternyata jauh lebih garang saat bermain di kandang lawan. Di laga home persentase kemenangan mereka hanya 30,7 persen. Sementara, di laga tandang bisa mencapai 50 persen! ’’Apabila kami bermain 110 persen dan tidak sampai melakukan kesalahan sekecil apapun, maka kami akan memberi Juventus sebuah laga 2 x 45 menit yang menyiksa,’’ sumbar Donadoni. (ren/asp)

Tinggalkan Balasan