IWP Terbesar di Asia

bandungekspres.co.id– Dibukanya wisata edukasi Indo Wisata Permata (IWP) di Kawasan Komplek Citra Green Blok N Nomor 1-10 Kota Bandung banyak mengundang para pencinta berlian. Tentu saja diharapkan dengan dibukanya destinasi wisata baru ini, para pecinta berlian bisa mengetahui proses pembuatan batu permata secara terbuka.

Penggagas dan pemilik Indo Wisata Permata (IWP) Yudi Yopie Mesah, 50, mengatakan, ini merupakan lokasi wisata edukasi permata pertama dan terbesar di Asia. Karena jika datang ke negara lain, memang ada wisata seperti ini. Namun di sana tidak diperlihatkan secara terbuka tentang proses pengerjaan berlian. Sedangkan di lokasi ini, akan diperlihatkan mulai dari bongkahan hingga terbentuknya berlian yang sudah jadi dan indah.

Adapun bahan yang digunakan berasal dari Kalimantan. Menurutnya, berlian Kalimantan sudah terkenal hingga luar negeri.

’’Di sini, kami juga ingin memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak asal beli saja dengan harga mahal. Di sini jua pengunjung bisa melihat proses awal dari pemotongan batu permata hingga jadi berlian kualitas excelent dengan menggunakan mesin laser tercanggih,” katanya kepada wartawan saat menggelar press conference di lokasi soft opening IWP kemarin (14/2).

Yudi mengungkapkan, untuk datang ke lokasi wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 50 ribu dan akan memperoleh vocher dengan senilai harga tiket tersebut. Nantinya vocher tersebut bisa dijadikan potongan harga pembelian jika pengunjung membeli berlian. Tapi bila tidak membeli, maka bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman yang disediakan di cafe sebelah yang memang sudah disiapkan.

’’Kami akan buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Karena kami lihat hari inilah yang biasa didatangi wisatawan baik dari Bandung maupun luar Bandung maupun mancanegara. Sementara hari Senin kami tidak buka,’’ ungkap Yudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Barat Hening Widyatmoko memaparkan, dengan adanya IWP ini, tentu saja sebagai destinasi baru di Bandung Barat. Apalagi wilayah ini masuk dalam kawasan Bandung Utara di mana daerah ini banyak didatangi wisatawan dari berbagai wilayah.

Tinggalkan Balasan