oleh

Maret Pelatda PON Dimulai

bandungekspres.co.id– Atlet Jambi yang merebut tiket PON XIX/2016 lumayan banyak. Berdasarkan data dari KONI Jambi jumlahnya mencapai 249 atlet. Mereka tersebut berasal dari 28 cabang olahraga (cabor). Sebagian besar lolos PON lewat ajang prakualifikasi PON.

”Selebihnya Porwil. Ada juga yang mendapatkan wildcard, tapi jumlahnya bisa dihitung dengan jari,” ujar Indra Armendaris, ketua KONI Provinsi Jambi di KONI Jambi kemarin.

Mereka yang lolos PON ini akan menjalani program pemusatan latihan daerah (pelatda). KONI Jambi yang menanggung semua biayanya. ”Pelatda akan dimulai pada 10 Maret ini. Tahapannya, pelatda jalan selama tiga bulan dan sisanya pelatda inap terpusat,” jelasnya. ”Semua atlet yang lolos PON harus mengikuti pelatda,” tambahnya.

Mengenai pelatda inap terpusat, KONI Jambi tidak melibatkan semua cabor. KONI akan memilih cabor yang paling potensial dalam mendulang medali emas. ”Kita menerapkan sistem prioritas. Jadi, nantinya hanya beberapa cabor yang menjalani pelatda inap. Ini juga karena keterbatasan anggaran,” jelas Indra.

Bagaimana dengan cabor yang tidak masuk program pelatda inap? Cabor nonprioritas akan dikembalikan persiapannya kepada pengurus cabang masing-masing.

”Kita serahkan sama cabornya masing-masing,” kata Nanang Mariadi, wakabid Humas KONI Jambi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga