Butuh Pekerja yang Tak Hanya Pandai Menuntut

Mantan menteri perdagangan itu optimistis SDM yang kuat membuat investor berbondong-bondong menanamkan uangnya di Indonesia. Malah, perusahaan yang sudah ada jadi enggan beranjak dari tanah air. ”Makanya, serikat pekerja jangan cuma menuntut. Skill angkatan kerjanya juga harus terus diperbaiki,” ujarnya.

Lulusan Chuo University, Tokyo, Jepang, tersebut menilai industri saat ini sarat dengan teknologi. Hal itu membuat perusahaan yang memiliki pekerja dengan kualitas kurang bisa dengan mudah pergi. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing SDM adalah transfer teknologi.

Gobel juga menyoroti potensi industri lain yang perlu digenjot keberadaannya. Misalnya sektor pertanian, perkebunan, dan kelautan. Dia menganggap tiga industri itu mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang sangat besar. Gobel juga menyinggung perhatian dunia terhadap makanan halal yang makin tinggi sebagai peluang. ”Banyak tema besar. Misalnya krisis pangan. Industri elektronik, dibanding pangan, itu kecil,” terangnya. (dim/c9/sof/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan