Kaltim Datangkan Pelatih Asal Korea Selatan

bandungekspres.co.id– Persiapan tim taekwondo Kaltim menuju PON XIX Jawa Barat tak main-main. Setelah atlet nomor poomsae (seni) ditangani pelatih asal Korea Selatan, untuk ke PON atlet nomor kyurugi (tarung) juga akan ditangani pelatih asal Negeri Gingseng tersebut.

Pelatih tersebut bernama Lee Seong-jae. Pelatih pria berusia 27 tahun tersebut merupakan peringkat pertama kejuaraan nasional taekwondo yang diselenggarakan kementerian olahraga Korsel pada 2006 silam. ”Pertengahan bulan ini dia datang,” ujar Kepala Bidang Binpres Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim Aidin S Hadi belum lama ini.

Aidin mengatakan Lee akan dikontrak hingga PON mendatang. Setelah tiba nanti, pengprov bersama KONI Kaltim akan langsung melakukan penandatanganan kontrak. ”Kalau sudah tandatangan MoU, dia akan langsung melatih,” jelasnya.

Sebelumnya tim poomsae Kaltim juga ditangani pelatih asal Korsel bernama Lee Jae-wook. Sejak ditangani Lee Jae-wook, poomsae Kaltim mengalami peningkatan yang signifikan. ”Makanya dengan kedatangan dua pelatih asal Korea ini, kita harapkan prestasi tim taekwondo di PON nanti bisa meningkat,” tambahnya.

Pada PON mendatang, taekwondo akan mempertandingkan 8 kelas putra dan 8 putri serta memperebutkan 6 emas di nomor poomsae. Salah satu andalan Kaltim di nomor kyurugi adalah Mariska Halinda yang merupakan peraih medali emas SEA Games Singapura 2015 lalu. Mariska saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan untuk persiapan kualifikasi Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Karena prestasinya di SEA Games, Mariska saat ini lolos otomatis ke PON. (nin/jpnn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan