Neville-Moyes 2.0

Makanya, dia menyebut, tidak akan heran apabila dalam laga berikutnya melawan Real Betis (7/2) di Stadion Benito Villamarin, Valencia tanpa sorakan para pendukungnya. ”Kami tak bisa menuntut apapun dari para suporter karena kami memang tak bisa memberikan apapun kepada mereka,” ucap Pitarch kepada Marca.

Pitrach juga secara tersirat memasrahkan nasib entrenador Valencia saat ini, Gary Neville kepada bos Valencia Peter Lim. Kometar Pitrach sepertinya sepakat kalau dalam waktu dekat mantan pemain Manchester United itu harus angkat kaki dari Stadion Mestalla.

”Masa depan Neville? Hari ini (kemarin, Red) bukan saat yang tepat buat membuat pilihan atau merefleksikan bagaimana perjalanan klub sejauh ini,” ucap Pitrach.

Terkait gonjang-ganjing                masa depannya bersama Valencia, Neville berkata akan menanggung semua ”dosa” kekalahan seperti yang terjadi 76 tahun silam. Namun, pria berusia 41 tahun itu tak akan melakukan tindakan pengecut berupa mundur dari jabatan. Neville berkata sudah menerima kontrak kerja sampai akhir musim ini.

”Saya tak akan pernah mengundurkan diri. Kekalahan ini akan terasa sakit dalam tiga atau empat hari ke depan, tapi yakinlah kami akan bangkit,” ucap Neville kepada AS.

Neville sadar kalau yang dihadapi kemarin adalah raksasa Spanyol dan klub terbaik di kolong jagad ini. Mengingat pada ajang Piala Dunia Antarklub Desember lalu, Barcelona berhasil menabalkan namanya.

Lantas kenapa performa Valencia sedemikian buruk? Squawka menganalisis ada beberapa masalah yang muncul sejak kedatangan Neville di Valencia. Namun, yang paling vital mengenai performa kiper Valencia, Ryan.

Sejak datang ke Valencia, Neville lebih mempercayakan gawang dikawal Ryan yang masih berusia 23 tahun ketimbang Domenech Sanchez. Dalam tiga pekan terakhir, Sanchez jadi cadangan.          Padahal, angka clean sheet Sanchez mencapai 0,31 per laga, sedang Ryan hanya 0,17. Sanchez membuat penyelamatan 3,5 kali per laga, Ryan 2,5 kali per laga. Lalu Sanchez menyetop bola 3,56 kali per laga, Ryan 2,67 kali per laga.

Dalam 23 gol yang bersarang di gawang Valencia di La Liga, 12 gol bersarang sejak kedatangan Neville. Angka kebobolan Valencia pun naik. Sebelum Nevilla per laga Valencia kebobolan 0,8 gol. Setelah Neville 1,5 gol per laga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan