Mekar Tiap 10 Tahun Sekali

Melongok Bunga Bangkai di Rumah Perubahan

Setelah menanti 10 tahun, Bunga Bangkai yang dirawat akhirnya bisa mekar. Bunga asal pulau Sumatera ini sudah tumbuh setinggi 1.5 meter. Setelah mekar pada Minggu (31/1) lalu, bunga ini terus mengeluarkan aroma khas. Biasanya, kemekaran bunga hanya bertahan 48 jam, kemudian bunga bangkai akan mati dengan sendirinya. Seperti apa bunga itu ?

Deni Iskandar, Bekasi

bunga bangkai
ISTIMEWA
MENGAMATI: Seorang pengamat memeriksa keindahan bunga bangkai yang mekar di Rumah perubahan.

Menemukan lokasi Rumah Perubahan yang terletak di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, ternyata cukup jauh. Maklum bangunan rumah itu berdiri di pojok selatan Kota Bekasi tepatnya di Kecamatan Pondokmelati. Apabila kebanyakan pengunjung yang datang dari pintu tol keluar Jatiwarna, masih memakan waktu sekitar 30 menit. Beruntung dalam pencarian itu, menggunakan sepeda motor. Hingga waktupun relative singkat menggunakan jalur-jalur tikus.

Sambil menikmati suasana mendung usai hujan turun, akhirnya menemukan sebuah gang menuju Rumah Perubahan. Dari jalan raya untuk bisa sampai menuju Rumah Perubahan memiliki jarak 500 meter. Gang Masjid itu rupanya sudah banyak papan petunjuk arah. Tak lama, Rumah Perubahan itu pun dapat ditemukan. Sesampainya di lokasi itu, ternyata langsung dihampiri dua petugas keamanan. ”Saya sudah janji Mba Afifa mas,” ucapan itu langsung membuat petugas keamanan mempersilahkan masuk ke dalam.

Huh, ternyata kediaman Rumah Perubahan yang terletak di Jalan Hankam Jatimurni, Gang Masjid, No 96, Kecamatan Pondokmelati, Kota Bekasi memiliki luas lahan 5 hektar. Di dalam kawasan rumah perubahan berdiri juga saung-saung, dan beberapa rumah penginapan. Dalam desain interior rumah perubahan ternyata layaknya berada di tengah hutan. Sejumlah pepohonan tinggi, dan rindah lebat membalut suasana rumah tersebut.

Tak lama, pemilik nama lengkap Saliha Afifa Anistia selaku juru bicara rumah perubahan menemani sambil duduk di sebuah saung. Hingga beberapa menit kemudian, perempuan berjilbab itu langsung menunjukan lokasi Bunga Bangkai. Lokasinya tak jauh hanya 50 meter. Setelah dihampiri, rasa kagum dan salut, harus diberikan kepada Rumah Perubahan selaku perawat bunga itu. Sebab kejadian langka ini baru pertama kali dijumpai. Apalagi, mekarnya Bunga Bangkai ini sudah ditunggu-tunggu sampai 10 tahun lamanya untuk bisa mekar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan