Emil Baru Putuskan Bersaing di Jakarta Juni

bandungekspres.co.id– Rencana Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk bersaing dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta masih menjadi tanda tanya. Namun, Emil-panggilan akrab Ridwan Kamil-memastikan keikutsertaannya dalam pertarungan DKI 1 baru akan diputuskan enam bulan ke depan atau Juni. Selama enam bulan itu, Emil akan mendengarkan aspirasi masyarakat.

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung

Ridwan Kamil menyebutkan, saat ini banyak aspirasi yang bertolak belakang. Itu meluncur dari masyarakat dan pengusaha di Jakarta meminta dirinya untuk ikut bersaing di ibukota. Namun, masyarakat Bandung kebanyakan menolaknya untuk turut serta. ”Saya sedang mendengar semua itu,” terangnya.

Selama enam bulan itu, semua aspirasi ini akan digodok. Keputusan terbaik tentunya nanti akan diumumkan. ”Ya ditunggu saja, saya membutuhkan analisa secara lengkap, bagaimana positifnya dan negatifnya. Semester ini semua dijelaskan,” ujarnya.

Terkait adanya penjaringan terbuka, dia menuturkan bahwa hal tersebut justru membuat banyak orang merasa bahwa dirinya sudah memutuskan untuk ikut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta pada 2017. ”Saya pastikan saya belum putuskan, posisi masih mendengarkan,” paparnya.

Apakah ada pertimbangan lainnya? Dia menyebut bahwa hal yang memberatkannya untuk bersaing pada pilgub DKI Jakarta adalah terpotongnya masa jabatan sebagai wali kota Bandung selama setahun.

”Jabatan wali kota baru selesai 2018, pemilihan gubernur dilakukan 2017. Ya diskon setahun. Ini dilema juga karena jadwalnya berbeda-beda, akhirnya waktu bekerja juga harus terpotong. ” tuturnya.

Dengan adanya masalah tersebut, polemik bahwa seorang pemimpin tidak menyelesaikan pekerjaannya untuk mengikuti pemilihan yang lainnya akan terus terjadi. Padahal, pemimpin itu berkariernya juga seperti ini. ”Hal seperti ini yang menghambat pemimpin. Karena itu saya mendukung pilkada serentak,” terangnya.

Dia berharap semua pihak nantinya akan mendukung keputusannya, apakah maju sebagai calon gubernur DKI atau tidak. ”Kalau sekarang saya masih terus berupaya fokus membangun Bandung,” jelasnya ditemui di kantor Bareskrim Polri usai rapat dengan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim terkait stadion Gedebage. (idr/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan