Kemenhub Bagi 1.240 Bus ke Daerah

Lalu, bagaimana dengan tarif bus bantuan untuk angkutan umum ini? Menurutnya, ini juga menjadi tanggung jawab pemda dan operator. Meski begitu, ia mewanti-wanti agar disesuaikan dengan biaya operasi dan kemampuan daya beli masyarakat.

Nantinya, seluruh operasional bus akan dievaluasi oleh Kemenhub. Ini untuk memastikan seluruhnya berjalan sesuia dengan aturan.

Hingga 2019 nanti, Kemenhub memang akan membangun sebanyak 4.150 bus yang terdiri dari 3.170 bus BRT, 290 bus angkutan perkotaan, 95 bus pemadu moda dan 595 bus perintis.

Pemberian bus bantuan ini disambut hangat oleh pemda. Bupati Karo, Sumatera utara, Terkelin Brahmana menuturkan, bantuan ini akan memberikan peran penting dalam pembangunan di wilayahnya. Selain itu, masyarakat di sana pun bisa mendapat transportasi perkotaan yang nyaman dan terjangkau. ”Kami juga menyampaikan terima kasih. Mewakili pemprov dan pemkab, kami akan segera memproses pengiriman bus dari lokasi perusahaan karoseri ke lokasi penerima bus sehingga bisa segera dimanfaatkan,” tuturnya. (mia/tam)

Tinggalkan Balasan