Tuntaskan Masalah Kesejahteraan Sosial

Tuntaskan Masalah Kesejahteraan Sosial
KERJA KERAS: Pasangan suami istri berusia uzur asal Pekanbaru, Riau, Mulawa, 70, dan Siti Jubaedah, 56, saat memilah sampah, di kawasan Alun-alun Kota Cimahi, beberapa waktu lalu.

 bandungekspres.co.id– Pemkot Cimahi akan terus menekan angka Penyandang Masalah Kesejahtraan Sosial (PMKS) yang jumlahnya 1.252 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 409 orang masuk dalam permasalahan kemiskinan.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Disnakertransos Kota Cimahi, Nandang mengatakan, permasalahan sosial di Kota Cimahi cukup banyak. Setidaknya ada 26 jenis PMKS di Cimahi seperti fakir miskin, penyandang disabilitas dan lainnya.

”Oleh karena itu kita akan upayakan seperti monitoring, membuka usaha bersama dan lainnya. Untuk disabilitas, kita berikan bantuan seperti kursi roda,” Kata Nandang, kepada wartawan, belum lama ini.

Dia menjelaskan, permasalahan sosial di Kota Cimahi baik dari jumlah dan permasalahannya selalu fluktuatif. Seperti keberadaan anak jalanan, mereka selalu berpindah-pindah dan yang jelas belum tentu warga Cimahi.

Untuk menekan angka permasalahan sosial ini, pihaknya mengambil Langkah seperti rehablitasi berbasis masyarakat, bantuan kursi roda, monitoring anak jalanan, kelompok usaha bersama dan penjangkauan anak jalanan.

”Dengan upaya tersebut, ke depan kami bisa mendeteksi keberadaan PMKS di Cimahi, karena itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mengentaskan masalah ini,” pungkasnya. (ha/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan