oleh

Tangani Bayi Kembar Dempet Dada hingga Perut

bandungekspres.co.id– Kemampuan tim kembar siam RSUD dr Soetomo kembali diuji. Heti Tias, 29, akan melahirkan bayi kembar siam Selasa (19/1). Dua janin yang dikandung perempuan asal Ponorogo itu mengalami dempet dada hingga perut.

”Jantung, liver, dan lambung bayi tersebut menyatu,” ujar anggota tim kembar siam RSUD dr Soetomo dr Agus Sulistyono SpOG(K) kemarin. Dia menjelaskan, usia kehamilan Heti kini mencapai 32 minggu. Kendati usia kehamilan Heti tergolong prematur, tim dokter memutuskan segera mengeluarkan bayi kembar siam itu. Jika masa kehamilan dilanjutkan, risiko pada sang ibu bisa lebih besar.

Baca Juga:  Dewan Minta Proses Hukum Terkait Dugaan Korupsi di Dinas Damkar Depok Kedepankan Asas Praduga Tak Bersalah

Menurut Agus, tim dokter harus melakukan operasi Caesar untuk mengeluarkan bayi kembar tersebut. Nah, jika tindakan medis itu dilakukan saat usia kehamilan sembilan bulan, dikhawatirkan luka yang ditanggung Heti lebih besar. Dia khawatir terjadi banyak komplikasi pada ibu akibat operasi Caesar.

Hal itu berbeda jika dokter mengelahirkan bayi pada usia kandungan yang lebih dini. Luka yang diderita Heti bisa lebih kecil. ”Risiko pendarahan juga kecil,” ungkap Agus. ”Kalau bayinya sendiri, dikeluarkan sekarang atau nanti pun sama,” imbuhnya.

Baca Juga:  Komisi V : Program Kolecer Harus Menyentuh Hingga Masyarakat Desa

Kondisi bayi yang tiga organnya dempet membuat tim dokter khawatir. Sebab, pemisahan tiga organ vital itu sangat berisiko pada nyawa sang bayi. Meski demikian, tim dokter telah mendapat persetujuan dari suami dan keluarga besar pasien. Tim dokter juga telah mengomunikasikan dengan keluarga Heti tentang baik-buruknya menjalani operasi Caesar secepatnya. ”Karena telah mendapat persetujuan secara lisan. Mohon doanya,” ungkap dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga