Koperasi Dapat Berdayakan Masyarakat

bandungekspres.co.id– Anggota DPR RI Agung Budi Santoso atau yang akrab disapa ABS mengajak kepada seluruh masyarakat agar bisa membentuk koperasi warga.

Menurutnya, dibentuknya koperasi di setiap kelompok warga diharapkan dapat membantu sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan dapat mensejahterakan anggotanya.

”Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia sehingga wajib dikembangkan,” jelas ABS ketika ditemui dalam acara rapat anggota tahunan Koperasi Warga Cimahi Mandiri di Citeurep Cimahi belum lama ini.

Selain itu dengan adanya koperasi itu akan memberikan dampak dalam ikut memberdayakan masyarakat terutama akses dalam memperoleh bantuan modal.

Dia sangat mengapresiasi keberadaan Koperasi Serba Usaha milik masyarakat Cimahi ini sebab dengan modal awal anggota 15 juta sekarang udah mencapai 360 juta.

Agung memaparkan, KSU Warga Cimahi merupakan koperasi yang sangat sehat dalam manajemen keuangannya. Untuk itu dalam mengembangkan koperasi ini dirinya menyarankan keaktifan anggotanya biar semakin maju.

”Hidup mati Koperasi adalah peran aktif anggota dan saya adalah salah satu anggota KSU warga Cimahi sendir,” kata dia

Dia berharap kepada pengurus yang baru harus lebih baik dan lebih maju dibanding pengurus tahun lalu dengan lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya.

Selain itu, Agung menekankan agar Pemerintah Kota Cimahi lebih memerhatikan keberadaan koperasi yang sehat dan maju untuk diberikan penghargaan.

”Ini adalah satu-satunya koperasi yang gigih di Kelurahan Citeureup dan berharap Koperasi menjadi koperasi milik warga Cimahi keseluruhan,” cetus dia.

Agung menambahkan, keberadaan koperasi milik warga juga sangat penting untuk memberantas keberadaan para rentenir yang biasa meminjamkan uangnya langsung kepada masyarakat dengan bunga sangat tinggi.

”Adanya koperasi ini akan memberikan dampak positif selain untuk simpan-pinjam bagi anggotanya, dapat dijadikan wadah untuk pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya,” pungkas Agung. (yan/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan