Tim Catur Putri Banten pastikan Lolos PON XIX/2016

bandungekspres.co.id– Tim catur putri Banten yang telah memastikan lolos PON XIX/2016, melakukan latihan bersama di Sekretariat KONI Kota Serang di kawasan Stadion Maulana Yusuf (MY), Ciceri, Kota Serang, kemarin (11/1). Latihan bersama itu untuk mematangkan kemampuan seluruh atletnya agar semakin mumpuni.

Ketua Umum (Ketum) Percasi Banten Edy Irianto mengatakan, program latihan yang diberikan kepada atletnya masih seputar latihan catur kilat. ”Latihan itu agar atlet terbiasa dengan waktu yang singkat. Karena pada pertandingan di PON nanti, siapa yang cepat menyelesaikan permainan lebih dulu. Maka dia pemenangnya. Makanya anak-anak terus kita gembleng dengan latihan catur kilat,” ujar Edy kemarin.

Agar kemampuan atletnya cepat berkembang, lanjut dia, pihaknya pun membekali para atletnya dengan memberikan pekerjaan rumah (PR). ”Setelah latihan bersama, kita berikan tugas latihan melalui masing-masing laptopnya. Nanti tugas itu dikerjakan di rumah masing-masing. Tujuannya supaya atlet dapat memecahkan persoalannya. Kelemahan atlet bervariasi, ada yang terkendala saat di awal pertandingan, di tengah, ada juga yang di akhir pertandingan. Kami juga berharap anak-anak tidak sekadar bermain cepat tapi juga harus penuh konsentrasi. Makanya kita bekali mereka dengan tugas,” ungkap dia.

Ia menambahkan, jadwal latihan bersama selama pelatda PON diadakan setiap akhir pekan dengan lokasi ditentukan sesuai kesepakatan bersama. ”Tempat latihan tidak terus-terusan di Serang. Bisa dilakukan di Tangerang karena sebagian atlet PON berasal dari sana,” imbuhnya.

Sementara itu, pelatih catur Pelatda PON Percasi Banten Yoseph Rudijanto Majella menyatakan, tim catur putri yang akan berlaga di PON nanti akan turun di nomor perorangan dan beregu. Untuk perorangan Banten akan menurunkan Esa Tiani dan Esa Tiani dan Diah Rahmawati (perorangan putri). Sedangkan nomor beregu putri terdiri dari Esa Tiani, Megasari Chaniago, Nita Febriana, Alya Sekar, dan Yulianti. ”Semua atlet memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Makanya potensi itu akan kami kembangkan terus supaya semakin terasah,” kata Yoseph. (harir/jpg/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan