Kostum Tandang Spanyol Menyedihkan

COBA dilihat foto Iker Casillas sedang wefie bareng pasukan La Furia Roja—sebutan Spanyol—di atas. Cakep? Tentu. Itu adalah kostum kandang mereka. Khas Matador banget. Merah dengan aksen kuning pada logo RFEF dan Adidas. Juga tiga stripnya. Celananya biru, persis seperti kombinasi mereka ketika menjuarai Euro 2012. Cakep. Keren.

Tapi, tidak demikian dengan kostum tandang mereka.

Diberitakan footyfootball, kostum tandang Casillas dkk untuk Euro 2016 menuai cemoohan. Warna dasarnya putih, lalu ada kolase pola segitiga kecil-kecil warna kuning dan merah yang menyebar dari dada kiri hingga ke tengah dan bagian bawah baju. Maksudnya tidak jelas, desainnya pun aneh.

Memang kostum tersebut belum resmi menjadi kostum kedua Spanyol. Namun sejak bocor di dunia maya November lalu, kostum tandang juara dua edisi terakhir Euro itu paling banyak mendapat hujatan. ”Mungkin Adidas ingin memberikan aksen api dan ledakan di kostum Spanyol. Namun yang tampak malah lelucon,” tulis footyfootball.

Kostum dengan kombinasi warna tersebut, plus aksen segitiga kecil-kecil itu mengingatkan kita kepada kostum Spanyol era 1990-an. Tepatnya di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat lalu.

Selain Spanyol, kostum kedua Belgia juga mendapat sorotan. Kostum Vincent Kompany dkk disebut lebih mirip kaos balap sepeda ketimbang kostum sepak bola. Adidas memilih warna biru langit sebagai dasar. Kemudian di bagian perut, bendera Belgia seperti ditempelkan begitu saja.

Pelatih Belgia Marc Wilmots mengatakan justru kostum tandang yang mirip kostum balap sepeda itu diharapkan membawa hoki buat Belgia. Di dunia balap sepeda, Belgia adalah salah satu negara produsen pembalap. Mereka punya rider legendaris Eddy Merckx yang menjuarai Tour de France lima kali, dan kini ada Tom Boonen.

”Atas nama marketing atau apa, saya tak tahu lagi. Kostum pertama super. Kostum kedua menyerupai memang jersey cycling,” ucap Wilmots seperti diberitakan So Foot.

Di sisi lain, para pendukung Republik Irlandia merasa kecele. Kostum yang akan dipakai Robbie Keane dkk di Prancis mendatang belum dirilis secara resmi, namun replika jersey yang dilansir Umbro itu sudah banyak beredar di pasaran. Para fans pun sudah kadung membeli.

Tinggalkan Balasan