oleh

Empat Satukan BUMN Tambang

[tie_list type=”minus”]Ubah Orientasi Jadi Produk Akhir[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Perusahaan tambang milik negara bakal lebih kuat. Sebab, Kementerian BUMN telah menyatukan kekuatan empat perusahaan. Yaitu, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Tujuannya, lebih agresif dalam memanfaatkan barang tambang menjadi produk akhir.

Penyatuan itu dilakukan melalui penandatanganan MoU di kantor Kementerian BUMN kemarin. Seusai prosesi tanda tangan, Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku ingin punya satu grup pertambangan yang besar di Indonesia dan dunia. Salah satu caranya, tidak lagi sekadar menjual raw material atau bahan setengah jadi.

’’Saya tekankan kepada direksi pertambangan, bagaimana memanfaatkan produk tambang kita jadi produk akhir,’’ katanya.

Diakui, yang masih lemah dalam bisnis itu adalah manufacturing process. Tapi, kalau tidak segera berorientasi pada produk akhir yang memberikan nilai tambah sampai sepuluh kali lipat, justru perusahaanlah yang buruk.

Apalagi, Indonesia punya kekayaan alam pertambangan yang membuat negara-negara lain iri. Potensi itu harus dimaksimalkan karena ada industri yang justru hidup dari sumber daya alam Indonesia. ’’Kelemahan kita ada di teknologi. Tapi, itu bisa beli atau partnerahip,’’ terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga