Setnov Pamitan dan Minta Maaf

”Mudah-mudahan ini hanya terjadi pada saya, tidak terjadi pada anggota lainnya. Sekali lagi apa yang saya lakukan akan saya pertanggungjawabkan kepada seluruh rakyat dan seluruh anggota DPR, dan Allah SWT,” ujarnya dengan nada bicara yang makin berat dan terbata-bata.

Setnov juga optimistis, Ade sebagai penggantinya bisa bekerja sama dengan semua pihak. Mulai dengan pemerintah, lembaga negara, dan bisa membina hubungan dengan wakil rakyat atau anggota DPR lainnya. Dari hasil rapat pengurus DPP Partai Golkar hasil Munas Bali Kamis (17/12) malam, Setnov akan kembali ke posisi lamanya sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

Terpisah, Ade sudah memiliki sejumlah rencana saat dipastikan melepas posisi Ketua Fraksi Partai Golkar, untuk menjadi Ketua DPR menggantikan Setnov. Di antara berbagai tugas dan fungsi yang dimiliki DPR, Ade berjanji akan memperbaiki fungsi legislasi DPR yang terbilang seret.

Hal tersebut disampaikan oleh Ade, seusai mengikuti sidang paripurna DPR. Saat ini dia masih dalam posisi sebagai Ketua Fraksi. Menurut Ade, satu hal yang harus menjadi identitas baru DPR di bawah kepemimpinannya nanti adalah produktivitas legislasi. Hal ini yang belum tercapai pada satu tahun pertama DPR periode 2014-2019 di bawah Setya Novanto.

”DPR kurang produktif satu tahun ini soal legislasi. Itu membuat perhatian utama bagi saya, itu nomor satu. Tahun depan harus produktif,” kata Ade kepada wartawan.

Menurut Ade, dari 37 Rancangan Undang Undang yang masuk di program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2015, baru ada tiga UU yang diselesaikan. Ketiganya adalah UU Pemilihan Kepala Daerah, UU Pemerintah Daerah, dan UU Penjaminan. Jumlah itu tentu minim dibanding target yang dipatok DPR dengan Pemerintah. ”Tahun ini sangat tidak produktif. Karena itu tahun depan harus sangat produktif,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu berjanji.

Untuk meningkatkan kinerja legislasi, Ade menyatakan akan intensif melakukan komunikasi dengan 10 fraksi di DPR. Komunikasi tidak harus dilakukan secara formal dengan melakukan rapat. Ade berjanji akan menyiapkan pendekatan yang berbeda dalam hal komunikasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan