Clean Action, Program Nyata Relawan Sampah

Kegiatan Clean Action sejatinya bermula di Bandung pada 2014. Saat itu ada sekumpulan orang yang ingin melihat Kota Bandung menjadi lebih bersih. Mereka lantas berkomunikasi dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

”Untung, kami punya wali kota yang juga concern tentang kebersihan,” urai Hani Sumarno, executive board Clean Action.

Hani melanjutkan, kegiatan yang mereka jalankan juga mendapat apresiasi Pemkot Bandung. ”Jadi, sekarang setiap kegiatan yang kami jalankan juga didukung pemkot. Apalagi, dalam beberapa tahun yang lalu, Bandung sempat mendapat masalah tentang penanganan sampah,” terangnya.

Demi lingkungan dan gaya hidup sehat itu pula, Hani maupun Dony berupaya bisa berkomitmen menjalankannya tiap hari. Tak hanya saat akhir pekan atau di tengah CFD.

Dony menyatakan pernah menegur pasangan yang membuang sampah sembarangan di atas Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter di Jakarta. ”Saat itu yang cowok buang sampah, saya tegur. Eh, malah nantangin ribut,” kenang dia, lalu terkekeh.

Begitu Dony selesai menjelaskan maksudnya, si cowok akhirnya malu sendiri karena dimarahi pasangannya. ”Cerita-cerita seperti itu sering saya alami dan saya mencoba tetap menegur meski ujungnya saya selalu dianggap sok bersih.”

Di awal menggelar Clean Action di Jakarta, Dony dan rekan-rekan juga sempat dianggap sebagai ”pengganggu kenikmatan” oleh sebagian pengunjung CFD. Mereka dianggap ”sok bersih”. Tapi, berkat konsistensi mereka, pandangan miring itu kian terkikis.

Terkait dengan Jakarta, dalam waktu kurang dari tiga tahun ke depan, ibu kota negara dan wilayah sekitarnya itu akan mendapat kehormatan menggelar Asian Games. Bisa dibayangkan betapa malunya masyarakat Indonesia jika kondisi Jakarta malah tidak terawat dan kotor.

Sebab, sebagai main host, Jakarta akan menjadi representasi Indonesia pada multievent empat tahunan tersebut. Untuk itu, Dony mengungkapkan bahwa Relawan Sampah beserta Jakarta Clean Action siap bekerja sama dengan pihak mana pun demi terciptanya kondisi ibu kota yang lebih bersih. ”Untuk Asian Games, kami juga siap berpartner dengan pemerintah atau siapa pun demi melancarkan acara,” terangnya.

Kegiatan yang hampir mirip pernah dijalankan Hani dan Bandung Clean Action saat kota mereka menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) 2015. Saat itu hampir 300 anggota Relawan Sampah turun ke jalan untuk membuat Jalan Asia-Afrika tetap cling sebelum dan sesudah acara berlangsung. ”Ini semata bentuk kepedulian dan keprihatinan kami terhadap kebersihan lingkungan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan