oleh

2016, Bakal Bangun KRL Padalarang-Cicalengka

PADALARANG – Kereta commuter line yang menghubungkan Padalarang-Cicalengka akan dibangun tahun depan. Hal ini diungkapkan Direktur Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Prihantono di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, belum lama ini.

KRL
ISTIMEWA

LAYANAN PUBLIK: Warga saat melintasi rel di depan kereta comuter line yang tengah berhenti.

Pembangunan tersebut untuk memberikan kemudahan akses transportasi di wilayah Bandung Raya. ”Tahun depan akan dibangun kereta commuter antara Padalarang sampai Cicalengka,” kata Bambang.

Selain menghubungan dua daerah tersebut, kereta itu juga nantinya akan dihubungkan sampai ke daerah Kertajati di Kabupaten Majalengka. Sebab, di Kertajati ini, tengah dibangun bandara internasional. ”Kami sedang mempersiapkan pengkajian terhadap pembangunan aerotropolis di Kertajati dan sekitarnya,” ujar dia.

Selain itu, pengembangan angkutan massal perkotaan di wilayah Bandung Raya, juga akan dilakukan hingga lima tahun ke depan. Termasuk, enam kota aglomrasi. Meski begitu, ia mengakui, ada kendala untuk memproses pengembangan transportasi massal itu, yakni soal pembebasan lahan. Menurut dia, tidak mudah untuk membebaskan lahan di kawasan perkotaan.

Karena itu, koordinasi antarinstansi memang diperlukan karena banyak stakeholder yang terlibat di dalamnya. ”Masterplan yang ada sekarang juga belum terpadu,” ujar dia. Selain soal pembebasan lahan, juga ada pesoalan terkait pendanaan. Sebab, hingga kini, belum ada pihak swasta yang tertarik untuk berinvestasi secara serius. (jpnn/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga