Hibahkan 650 Kendaraan Untuk Mobilitas Pengamanan saat Pilkada

bandungekspres.co.id– Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan kendaraan operasional kepada TNI dan Polri untuk mendukung kegiatan pengamanan Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan pihaknya memberikan bantuan kendaraan roda dua dan empat kepada Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar yang akan melakukan pengamanan Pilkada Serentak di 7 kabupaten/kota di Jabar.

Adapun satu daerah yakni Kabupaten Tasikmalaya akan melangsungkan referendum atau jajak pendapat setuju atau tidak karena hanya berisi satu pasangan calon.

”Kendaraan ini diperuntukan untuk pengamanan Pilkada. Sehingga dapat memperlancar mobilitas,” jelas Heryawan dikediamannya Gedung Pakuan kemarin (4/12).

Pihaknya juga memberikan bantuan kepada Kodam Jaya dan Polda Metrojaya berupa kendaraan roda dua karena ikut melakukan pengamanan di Pilkada Depok. ”Usai penyelenggaraan Pilkada Serentak, kendaraan ini bisa digunakan untuk keperluan lain,” kata Heryawan.

Menurutnya, proses tahapan Pilkada Serentak di Jabar yang memasuki masa kampanye berjalan dengan cukup baik. Kondisi dan situasi dinilai masih aman dan kondusif. ”Situasi masih aman dan enggak ada masalah,” singkatnya.

Meski demikian, dia tidak menampik adanya gesekan-gesekan kecil dalam bentuk kritik yang terjadi dalam debat publik. Akan tetapi, hal ini dianggap normal dan bagian dari proses pesta demokrasi. Kondisi tersebut diharapkan tidak menimbulkan masalah perpecahan. ”Gesekan kecil mah biasa namanya juga sedang berkompetisi. Sebab, semua ingin jadi pemenang,” bebernya.

Heryawan mengakui Pilkada Serentak dirasakan kurang gebyar. Namun, hal ini dianggap lumrah karena baru digelar pertama kali. Dia mengaku tetap optimistis tingkat partisipasi pemilih akan tetap tetap tinggi. ”Partisipasi Jabar selalu lebih tinggi dari rata-rata tingkat partisipasi nasional,” bebernya lagi.

Sementara itu, kepala Biro Pengelolaan Barang Daerah Pemprov Jabar Muhammad Arifin mengatakan, tahun ini pihaknya memberikan sebanyak 650 unit kendaraan dengan rincian 600 unit roda dua dan 50 unit roda empat.

Seluruh sepeda motor diberikan untuk Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, Polda Metrojaya dan Kodam Jaya. Adapun 12 kendaraan roda empat diberikan untuk Polda Jabar dan 7 unit kendaraan untuk Kodam III/Siliwangi.

Tinggalkan Balasan