Tiga Kecamatan Rawan Banjir

[tie_list type=”minus”]KPU Coba Antisipasi Lokasi Lain saat Pencoblosan[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung yang akan digelar 9 Desember mendatang, dipastikan bersamaan dengan musim penghujan. Seiring dengan hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengantisipasi proses pendistribusikan surat suara ke seluruh kecamatan yang rentan bencana banjir.

Komisioner KPU kabupaten Bandung Siti Holisih mengaku, KPU telah memiliki strategi untuk mengantisiapsi pemilihan jika musim peghujan tiba. ”Kami juga telah melakukan sejumlah persiapan dan antisipasi jika memang benar-benar terjadi. Termasuk memindahkan lokasi tempat pemilihan suara atau menggunakan lokasi yang aman untuk pemilihan nanti,” papar Siti.

KPU Kabupaten Bandung telah menerima laporan sejumlah kecamatan yang rawan dengan banjir. Tiga kecamatan masing-masing Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Baleendah, menjadi tiga kecamatan yang dinyatakan rawan banjir.

”Baik berita acaranya ataupun lokasi dan bagaimana antisipasinya dilakukan pihak KPU tentu perlu strategi cadangan,” tegasnya.

Sementara itu, Panwas Kecamatan Dayeuhkolot juga telah melakukan sejumlah inventarisir lokasi yang rawan banjir. Hal tiu diungkapkan Ketua Panwascam Dayeuh kolot Endang PEA kepada Bandung Ekspres di kantornya kemarin (3/12).

”Kami telah melakukan survei lokasi lagi. Sebab, kami merupakan salah satu kecamatan yang selalu dihinggapi banjir,” terang Endang.

Dia mengatakan, telah berkoordinasi dengan sejumlah pengawas TPS yang telah dilantik dan diberikan bintek agar senantiasa memberikan laporan akurat di lapangan. ”Sebab, Desember ini hujan masih terus akan terjadi dan banjir diduga akan terjadi di lokasi kami ini,” akunya.

Dia mengimbau kepada seluruh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) agar membuat Tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi yang aman banjir. Misalnya menggunakan bangunan sekolah atau madrasah yang dijamin aman dari banjir. Selain itu pihaknya juga meminta agar PPK melakukan kordinasi dengan Panwascam sehari sebelum pencoblosan. (gun/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan