FKDM Diminta Netral

[tie_list type=”minus”]Waspadai Pengurus yang Mendukung Calon[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bandung mengimbau anggota FKDM se-Kabupaten Bandung untuk netral dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Untuk diketahui, FKDM merupakan organisasi vertikal yang menginduk ke tingkat pusat di Jakarta. Abdurahim, Ketua FKDM menegaskan, anggota harus menunjukkan netralitas dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung.

”Kami menekankan netralitas tersebut kepada seluruh anggota pada Pilkada nanti,” tegas Abdurahim kepada wartawan baru-baru ini.

Diakuinya, sebanyak 31 kecamatan dan puluhan pengurus boks FKDM telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Di antaranya adalah roadshow ke seluruh daerah pemilihan (Dapil) di kabupaten Bandung. Di dalam roadshow itu pihaknya memberikan penjelasan terkait dengan sikap yang harus dilakukan FKDM dalam Pilkada.

Dia mengaku, tidak memungkiri ada segelintir pengurus yang memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon. Namun, dia kembali menekankan kepada pengurus tersebut agar menepati aturan organisasi.

Hal serupa ditegaskan, Sekretaris FKDM Agus Guru saat berkunjung ke redaksi Soreang Ekspres (grup Bandung Ekspres).

Dia mengatakan, dukungan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan lembaga FKDM. ”Kami akui bahwa setiap dukungan itu dilakukan person tanpa dimotori lembaga. Wajar jika ketua membantah jika ada anggota apalagi pengurus FKDM yang mendukung secara terbuka kepada calon bupati tertentu,” tegas Agus.

Wanhat FKDM yang juga Ketua Forum Peduli Kabupaten Bandung Hidayat Bastaman menambahkan, selama ini FKDM tidak pernah memberikan sikap dukung mendukung terhadap pasangan calon tertentu. Jika itu terjhadi maka sikap pribadi anggota FKDM saja.

”Apalagi kami dari LSM FPKB, sejak awal telah menyatakan golput dalam pilkada kali ini. Sebab, kami juga harus punya sikap untuk menentukan pemimpin di Kabupaten Bandung,” paparnya.

”FKDM sudah sepantasnya bersikap netral karena lembaga ini dibiayai oleh uang rakyat. Makanya kami mendukung netralitas yang dilakukan FKDM ini,” ungkap Bastaman. (gun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan