Desember Peletakan Batu Pertama Skybridge

 

bandungekspres.co.id– Peletakan batu pertama pembangunan prototipe Cable Car ’Bandung Sky Bridge’ dilakukan akhir Desember 2016 sesuai jadwal. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan segera meneken Peraturan Wali Kota Rencana Induk Transportasi Kota Bandung sebagai payung hukumnya. ’’Perwal sedang revisi redaksional, ada yang salah ketik. Tapi sudah aman, tinggal tandatangan, hanya masalah waktu saja. Jadi Perwal ditandatangan Rabu pagi,” ujar Emil-sapaan akrabnya-di Pendopo Kota Bandung, kemarin.

Setelah menyiapkan Perwal, pihaknya bakal meminta surat rekomendasi dari Kementerian Perhubungan dan Gubernur Jawa Barat terkait pembangunan kereta gantung tersebut. ’’Rekomendasi dari Gubernur dan Kemenhub formalitas, substansinya ada di Perwal. Tidak harus mengkaji gimana-gimana, prosedur dokumentasi itu harus ada,” terang Emil.

Emil berharap bulan Desember sudah ada peletakan batu pertama Bandung Sky Bridge. Perizinan cable car yang teknologinya berasal dari Austria tersebut, diklaim dirinya tidak sulit karena dibuat untuk jenis moda transportasi wisata. ’’Kalau rute, izinnya seperti rute taksi. Kalau halte, karena berada di atas jalan aspal milik Pemkot dihitungnya seperti halte, tidak perlu ada IMB karena bukan di dalam kavling,’’ jelas Emil.

Sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi agar setiap kebijakan ada pendampingan hukum, Pemkot telah mengirimkan surat kepada Kejaksaan Negeri Bandung terkait pembangunan tersebut. ’’Karena setiap kebijakan ada tim pendampingan pembangunan,’’ tukas Emil.

Komisi C DPRD Kota Bandung sempat menentang pembangunan prototipe cable car karena dinilai tidak sesuai dengan RDTR. Menanggapi itu, Emil mengaku sudah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah terkait hal tersebut. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan