55 Rumah Rusak, 5 Pohon Tumbang di Bandung

 

Diakui olehnya, dari 11 desa delapan desa di Kabupaten Bandung Barat rawan longsong. Pihaknya sudah mengimbau agar masyarakat untuk segera mengungsi ketika terjadi hujan. Terutama di titik yang rawan longsor. ”Warga juga harus sigap ketika menghadapi bencana. Jangan sampai terjadi korban jiwa,” pungkasnya.

Sementara itu, lima pohon tumbang di bantaran anak Sungai Cikapundung. Unit rescue, Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung pun langsung beraksi dengan menurunkan tim penyelamat guna mengantisipasi ancaman banjir.

Di bawah komando Kepala Seksi Penyelamatan DPPK Elan Suparno, unit rescue dengan cekatan mengangkat bongkahan pohan di Jalan Cibangkong RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal, kemarin (29/11).

Kabid Damkar DPPK Kota Bandung Yosef Heryansyah menegaskan, tumbangnya lima pohon itu akibat pergeseran tanah. Setelah terdampak gerusan derasnya air di musim penghujan.

”Dalam menghindari banjir karena pengumbatan sungai . pohon tumbang langsung dievakuasi tim rescue,” tukas Yosef.

Atas referensi itu, DPPK menyarankan, Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung secepatnya memperbaiki kirmir dan dinding pembatas yang amblas. ”Bila terus dibiarkan bukan tidak mungkin kejadian serupa akan meluas di wilayah sekitar,” ujar Yosef.

Truk Molen Terguling

Belum kering keringat tim rescue sesaat kembali markas komando (mako) di Jalan Sukabumi. Mereka, kembali harus berjibaku mengevakuasi kecelakaan lalu lintas yang tidak jauh dari mako.

Truk R. Mixed bermuatan penuh tiba-tiba oleng dan terguling. Meski tidak ada korban jiwa, namun kejadian tersebut menimbulkan kemacetan. ”Sempat terjadi pengalihan arus lalu lintas. Guna mengurangi janjangnya kemacetan,” jelas Yosef.

Selang beberapa waktu, walau keadaan belum sepenuhnya berhasil di kuasai, tetapi jalanan kembali dapat dilintasi. ”Dalam kondisi padat merayap, evakuasi berlangsung dan jadi tontonan warga sekitar,” sebut Yosef.

”Berkat kesigapan aparat kepolisian yang ada di lokasi, situasi dapat ditangani. Dan pengemudi truk diamankan guna dimintai keterangan,” tambah Yosef. (nit/edy/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan