Habib Rizieq Dipolisikan

 

Dia berharap Polda Jawa Barat segera menindaklanjuti pelaporan yang dilakukan AMS kemarin. Dalam saat bersamaan, Habib Rizieq pun diminta melakukan permohonan maaf terhadap masyarakat Sunda secara terbuka.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Sulistyo Pudjo Hartono membenarkan, pada Selasa 24 November telah ada laporan dari Denda Alamsyah prihal ucapan Habib Rizieq yang diposting di Youtube.

Laporan Polisi telah diterima oleh petugas SPKT Polda Jabar dgn nomor: LPB/967/XI/2015/JABAR tgl 24 Nov 2015. ”Selanjutnya laporan tersebut akan ditangani oleh subdit 2 Dit Reskrimsus Polda Jabar dengan pasal yang dikenakan berkaitan dgn UU No.11 tahun 2008 tentang ITE,” tandas Pudjo dalam pesan singkatnya yang diterima wartawan kemarin.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengomentari ceramah Rizieq Shihab yang dianggap menghina budaya adat Sunda. ”Tidak semestinya kultur-kultur yang ada di Nusantara dijadikan bercandaan yang tidak pada tempatnya. Kalau Habib Rizieq menjadikan itu sebagai lelucon, tidak lucu,” kata Ridwan Kamil di Rancanumpang, Gedebage, Kota Bandung, kemarin.

Karena dianggap menghina, Ridwan Kamil mengatakan Rizieq harus meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat adat Sunda. ”Kalau niatnya cuma buat guyon, itu bukan pada tempatnya. Jadi saya harap Habib Rizieq meminta maaf ke masyarakat Sunda,” tegasnya.

Ridwan Kamil yang berupaya melestarikan bahasa dan budaya Sunda dengan cara menghadirkan program hari Rabu Nyunda mengatakan, arti kata sampurasun adalah baik. ”Sampurasun itu artinya keberkahan untuk kita dan alam semesta, jadi maksudnya itu baik. Dalam bahasa Sunda kuno itu artinya sama dengan waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,” katanya.

Ridwan Kamil membantah jika sampurasun dikatakan mengesampingkan salam dalam agama Islam. Menurut dia, setiap acara-acara resmi, beberapa salam diucapkan setelah assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ridwan Kamil mengatakan semestinya Islam tetap memberi ruang-ruang untuk hal yang baik. ”Sampurasun apa jeleknya? Artinya juga sangat baik. Ini terjadi biasanya karena ketidaktahuan yang melahirkan ketidakpedulian,” tandasnya. (ris/put/bbs/rie)

Tinggalkan Balasan