Laboratorium Bussines Center Lengkapi Sarana Belajar

bandungekspres.co.id– SMK 45 Lembang kini memiliki Laboratorium Bussines Center atas kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dengan mengusung program penyusunan materi pendidikan ritel. Program ini melengkapi program yang sudah ada yakni Bisnis Manajemen Perdagangan dan Pariwisata Akomodasi Perhotelan. Hal ini dilakukan guna membantu meningkatkan kualitas lulusan SMK yang handal, berkualitas dan siap bekerja. Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMK 45 Lembang Denny Mariana saat dijumpai di SMK 45 Lembang kemarin (24/11).

Laboratorium Bussines Center
HENDRIK KAPARYADI/BANDUNG ESKPRES

DIRESMIKAN: Kadispora Kabupaten Bandung Barat Agustina Piryanti (tengah) didampingi Kepala Sekolah SMK 45 Lembang saat meresmikan Laboratorium Bussines Center di SMK 45 Lembang, kemarin.

Menurutnya, dengan diresmikan labpratorium baru yang akan menjadi tempat belajar sekaligus praktek para siswa, diharapkan akan lebih mematangkan para siswa ini untuk siap bekerja setelah lulus dari SMK. ”Program pendidikan ritel ini bertujuan untuk melatih, mengembangkan dan mencetak siswa-siswi handal, berkualitas dan siap kerja. Di laboratorium itu siswa dilatih diberi pendidikan bagaimana mengelola bisnis ritel,” kata Denny.

Ia menjelaskan, keberadaan laboratorium itu diwajibkan bagi semua sekolah tak terkecuali SMK 45 Lembang. Pasalnya, syarat untuk menjadi sekolah unggulan harus memiliki laboratorium berskala industri. ”Semua sekolah wajib memiliki laboratorium, sehingga sekolah ini menjadi rujukan untuk menjadi sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Bandung Barat,” jelasnya.

Diakuinya, pembangunan laboratorium ini merupakan CSR dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk untuk memberikan sarana praktek bagi siswa yang nantinya dapat langsung bekerja. Bahkan, kata dia, siswa yang memiliki prestasi, tidak perlu khawatir lantaran akan langsung ditarik oleh perusahaan yang memiliki minimarket banyak di Indonesia ini. ”Jadi siswa di sini bisa langsung kerja jika memiliki prestasi. Karena kami sudah membangun kerjasama dengan perusahaan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin menambahkan, kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan setiap tahunnya terhitung besar. Dengan menggandeng SMK yang ada di Kabupaten Bandung Barat, diharapkan ke depan para siswa ini siap untuk bekerja. ”Setiap tahunnya, kami banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMK/SMA terutama untuk tim operasional. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui program Alfamart Class ini,” kata Solihin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan