Tango Bangkit, Ekuador Tetap di Puncak

KOLOMBIA 0-1 ARGENTINA

bandungekspres.co.id– Argentina mengklaim kemenangan pertama di kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kolombia 1-0, kemarin pagi. Gol semata wayang tim Tango dicetak oleh Lucas Biglia di babak pertama. Itu adalah gol kedua yang dikoleksi Argentina dalam empat laga awal kualfikasi, namun tiga poin dari Kolombia telah mendongkrak posisi tim ke peringkat enam klasemen sementara zona Amerika Selatan.

Argentina masih belum diperkuat Lionel Messi, Carlos Tevez, dan Sergio Aguero yang mengalami cedera. Mereka menyambangi markas Kolombia dengan status tim peringkat sembilan setelah hanya meraih dua poin saja dari tiga laga sebelumnya. Itu memaksa pelatih Gerardo Martino mengubah formasi dan strategi timnya.

Martino yang dikenal gandrung menerapkan 4-3-3 beralih menggunakan formasi 4-2-3-1. Gonzalo Higuain yang sudah sembuh dari cedera dipercaya sebagai penyerang tunggal yang didukung oleh Ezequiel Lavezzi, Ever Banega dan Angel Di Maria. Tanpa pemain-pemain pentingnya, Argentina memang cukup kewalahan meladeni permainan tuan rumah. Namun gol Biglia pada menit 20 sudah cukup untuk mengamankan tiga poin pertama dari empat laga awal.

”Saya sangat senang dan merasa tenang dengan fakta bahwa kami berhasil mempertahankan performa seperti saat melawan Brasil. Kami kurang beristirahat dan bermain dalam iklim yang sulit. Jika kalah orang-orang akan mengatakan para pemain tidak berlari dan tidak mendukung pelatih, tapi hal itu tidak terjadi hari ini,” kata Martino setelah pertandingan seperti dilansir Four Four Two.

Kemenangan juga diraih Brasil dan Uruguay. Keduanya mengalahkan lawan-lawannya dengan skor tiga gol tanpa balas. Brasil menghajar Peru lewat gol Douglas Costa, Renato Augusto dan Filipe Luis. Uruguay membungkam Cile berkat gol Diego Godin, Alvaro Pereira, dan Martin Caceres.

Berkat hasil kemenangan itu, Uruguay bertahan di peringkat dua dengan mengoleksi sembilan poin, unggul dua poin dari peringkat dua Brasil. Tapi kejutan sesungguhnya datang dari Ekuador. Meski tidak bertabur bintang, Ekuador berhasil melanjutkan trend positifnya dengan mengalahkan Venezuela 3-1.

Itu adalah kemenangan keempat Ekuador yang sebelumnya juga meraih kemenangan dari Argentina, Bolivia dan Uruguay. Hasilnya, Ekuador kokoh di puncak klasemen dengan meraih 12 poin dari empat pertandingan. (ish/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan