Jabar Pionir Program Bela Negara

bandungekspres.co.id– Konsep bela negara yang akhir-akir ini kembali diperbincangkan sebetulnya sudah dimulai di Jawa Barat. Menurut Ketua DPC Pemuda Panca Marga Kota Cimahi Buntaran Soekaya, saat Gubernur Jawa Barat dijabat Dani Setiawan, konsep bela negara tersebut sudah dilakukan, dengan adanya alokasi anggaran untuk pelatihan bela negara. Tetapi, entah kenapa saat ini tak terdengar lagi gaungnya.

bela negara
BELA NEGARA: Kegiatan ekskul Paskibra seperti di sekolah merupakan salah satu bagian menumbuhkan bela negara di kalangan pelajar.

”Saya masih ingat saat Pak Dani Setiawan menjabat Gubernur, beliau sudah mencoba untuk mendorong pendidikan bela negara ini dan ada alokasi anggaran untuk itu, jadi sebenarnya Jawa Barat sudah lebih dulu punya program seperti itu,” jelasnya, kemarin.

Menurut Buntaran, jika ada kebijakan dan program pemerintah untuk melakukan pendidikan dan latihan bela negara, Cimahi sudah siap menjadi tempat pusat diklat bela negara ini. Karena sarana pendukung untuk itu sudah tersedia. ”Bela negara itu bukan wajib militer atau wamil, tetapi bagaimana menanamkan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya,” terangnya.

Jika setiap warga negara yang diberikan pemahaman dan dilatih untuk bela negara akan menumbuhkan sikap kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. ”Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,” terangnya.

Sementara Ketua DPC Pemuda Demokrat Kota Cimahi Bahara mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan adanya bela negara ini, karena akan meningkatkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa cinta dimasyarakat, khsusunya generasi muda. ”Dengan mematuhi apa yang menjadi aturan yang ditetapkan merupakan salah satu contoh dari implementasi bela negara, meniru atau meneladani jejak yang dilakukan oleh para pendiri bangsa atau pahlawan dalam kehidupan sehari-hari juga merupakan bagian dari pelaksanaan bela negara. Jadi menurut saya, bela negara adalah bagaimana menumbuhkan sikap nasionalisme di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan