Moyes dan Musim yang Tak Tuntas

bandungekspres.co.id – La Liga bukanlah tanah pengharapan seperti yang diinginkan David Moyes. Jangankan memperbaiki peruntungannya usai ditendang Manchester United saat musim belum berakhir, Moyes malah seakan mengalami djvu di La Liga. Lagi-lagi dia diberhentikan tidak pada akhir musim.

moyes
TEPUK TANGAN: David Moyes memberikan suport kepada timnya.

Melainkan pada saat musim masih berjalan. Terhitung mulai Senin kemarin WIB (9/11) Moyes sudah bukan lagi entrenador klub La Real – julukan Sociedad. ”Selamat tinggal Moyes, dan selamat datang Eusebio,” demikian bunyi pernyataan dari pihak Sociedad sebagaimana yang dikuutip dari Cadena SER.

Sebagai gantinya, petinggi Sociedad menunjuk Eusebio Sacristan. Terakhir, Sacristan ini menjadi pelatih di Barcelona B selama empat musim sejak 2011 silam. Dia termasuk di dalam komposisi pemain Barca yang menjuarai Piala Eropa (sekarang Liga champions) pada edisi 1991-1992.

Dilaporkan, keputusan untuk memecat mantan pelatih yang sukses bersama Everton itu setelah pihak klub melakukan pertemuan sejak Minggu kemarin waktu setempat. Atau sekitar 24 jam setelah Xabi Prieto dkk dipecundangi oleh klub juru kunci La Liga, Las Palmas dua gol tanpa balas di Estadio de Gran Canaria, Las Palmas.

Hasil minor itu jadi dua kekalahan beruntun setelah jornada sebelumnya takluk di tangan Celta Vigo 2-3 di Anoeta. Overall, musim ini enam kali kekalahan sudah ditelan Sociedad dari 11 jornada. Dengan hanya mengemas sembilan poin dari kontribusi dua kali menang dan tiga kali imbang, Sociedad berada dua strip di atas jurang degradasi.

Selain itu, sejak jornada 1 hingga jornada 11 belum sekalipun Sociedad mampu menembus posisi sepuluh besar klasemen sementara La Liga. Secara keseluruhan, sejak diangkat menjadi pelatih Sociedad, sudah 42 pertandingan dijalani Moyes. Dari jumlah itu, 12 kali dia membawa Sociedad menang, 15 kalah dan 15 imbang.

Persentase kemenangan yang hanya 28,57 persen dianggap sudah tidak bisa jadi toleransi lagi. Baik Moyes ataupun pihak Sociedad belum memberikan pernyataan secara terbuka. Akan tetapi, pakar sepak bola Spanyol Graham Hunter kepada talkSPORT mengaku sudah berkomunikasi dengan Moyes.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan