Contoh Surat Suara Tersebar di Perkampungan

[tie_list type=”minus”]Waspadai Praktik Adu Domba[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Dalam dua pekan terakhir, masyarakat dihebohkan dengan maraknya penempelan contoh surat suara di perumahan warga. Namun, hanya satu calon saja yang terpampang dalam contoh surat tersebut.

Ketua Komite Peduli Jawa Barat (KPJB) Kabupaten Bandung Lili Muslihat mengaku, mempertanyakan hadirnya surat tersebut. Sebab, dalam surat suara tersebut berlogo Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan logo Pemerintah Kabupaten Bandung. ”Tapi gambar calonnya Cuma satu pasangan. Yang lain tidak ada,” ungkapnya Lili di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Senin (2/11).

Dia mengaku, tidak mempermasalahkan surat tersebut jika keradaan pasangan lain ada dalam surat itu. Namun, kenyataannya, hanya satu pasangan saja yang diperlihatkan.

”Contoh surat ini banyak ditemukan terpasang di kampung-kampung. Dan lebih banyak kami temukan di daerah Bandung timur, seperti Baleendah, Dayehkolot, Cipagalo dan di daerah Cibiru paling banyak,” katanya.

Menyikapi hal itu, dia mengaku sangat aneh. Sebab, sampai ini Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sama sekali tidak melakukan tindakan apapun. Padahal, Panwaslu itu memiliki anggota hingga tingkat kecamatan.

” Panwaslu seperti membiarkannya. Padahal kan anggota panwaslu itu tersebar juga di semua kecamatan, tapi mereka tidak mengambil tindakan apapun juga,” tuturnya.

Karena tidak ada langkah dari Panwaslu, akhirnya dirinya memilih mengadukan masalah itu ke Komisi A DPRD Kabupaten Bandung. Tetapi sayangnya, dalam audiensi yang digelar tersebut, hanya dihadiri oleh Komisi A DPRD dan KPU. Sedangkan dari Panwaslu, tidak ada satu orang pun yang hadir dalam audensi tersebut.

”Jelas masalah ini harus diklarifikasi dan dituntaskan. Sebab, bisa saja ini sebagai bagian dari adu domba. Selain itu, jangan sampai ajang Pemilukada yang dibiayai oleh uang negara cukup besar itu dinodai oleh praktik tidak terpuji,” ungkapnya.

Dalam audiensi tersebut, kata Lili, pihak KPU mengaku tidak pernah menerbitkan contoh surat suara, apalagi yang hanya bergambar salah satu paslon. Meskipun dalam contoh surat suara tersebut, berlogo KPU dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan