Gunung Batu Aki Terbakar

[tie_list type=”minus”]Warga Siskamling Hindari Merembet ke Permukiman[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Gunung Batu Aki di RW 01 Desa Lagadar Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung terbakar. Terbakarnya Gunung Batu Aki yang berbatasan dengan Wilayah Kota Cimahi, RW 07 Kelurahan Leuwigajah tersebut diduga terjadi mulai pukul 15.00 WIB Jumat (30/10).

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Herry Setiawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga RT 05, RW 07 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Mendapat laporan tersebut, lalu Damkar Kota Cimahi menurunkan petugas dan dua unit mobil pemadam untuk mengantisipasi keadaan.

’’Kami dapat laporan dari warga RW 07 sekitar pukul 18.30, lalu kami langsung turunkan petugas dan dua unit mobil pemadam,” katanya tadi malam.

Diterjunkannya dua unit mobil pemadam tersebut, dilakukan untuk memantau dan mengantisipasi segala kemungkinan. Meskipun titik api berada jauh dari pemukiman penduduk, tapi pihaknya terus mengantisipasi supaya api tidak terus merembet ke rumah warga.

Pantauan di lapangan menunjukkan, api diuga membakar alang-alang dan terus merembet ke atas gunung tersebut. Hingga tadi malam. Ketua RW 01 Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kusnadi mengatakan, kejadian berlangsung sekitar pukul 15.00 di atas gunung yang berada di wilayah Kampung Cibogo RW 07 Kelurahan Leuwigajah. Lalu, makin sore hingga malam api terus mulai merembet sekitar satu kilometer hingga ke atas gunung yang berada di wilayah RT 05 RW 01 Desa Lagadar ini.

Menurut Kusnadi, kejadian terbakarnya gunung di wilayahnya itu juga terjadi pada minggu lalu. Tetapi, api tidak sebesar seperti tadi malam. Dia bersama warga melakukan siskamling untuk menjaga segala kemungkinan yang bakal terjadi. ’’Bersama petugas pemadam, kami akan terus berjaga untuk menjaga kemungkinan api merembet ke pemukiman warga kami. Kejadian tersebut juga sudah dilaporkan kepada Satpol PP Kabupaten Bandung dan aparat terkait lainnya,’’ jelasnya.

Hingga berita ini dibuat, api yang diduga membakar alang-alang di atas Gunung Batu terus merembet dan membesar. Warga dan aparat setempat masih melakukan pemantauan. (bun/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan