Indonesia Perlu Tiru Ekonomi Eropa

[tie_list type=”minus”]  STIE Ekuitas Hadirkan Financial Project Advisor dalam International Month[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Indonesia yang sebentar lagi masuk kawasan Ekonomi ASEAN diyakini mampu bersaing dengan negara-negara lain. Pasalnya, perbankan di Indonesia sudah kuat. Hal ini diungkapkan Cezary Filipek, pembicara dari Irlandia dan Polandia yang pernah menjadi Financial Project Advisor/Analyst di Ulster Bank (Royal Bank of Scotland) di acara seminar bertajuk European banking, Financial and Monetary Policy di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas, Jalan PH.H. Mustofa, belum lama ini.

Menurut Filipek, Indonesia perlu banyak belajar dari Negara-negara Eropa yang telah lebih dulu membentuk economy community. Menurut dia, untuk memperbaiki ekonomi harus memperbaiki sumber daya manusia (SDM)-nya. ”Harus ada kolerasi antara SDM yang dihasilkan universitas dengan kebutuhan market, melalui kerja sama dengan berbagai pihak dapat membantu mewujudkan ini,” ujar Filipek.

Menurutnya semangat yang sama ditunjukkan dengan adanya Asean Community dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang terlibat. Terkait kehadirannya di STIE Ekuitas, Filipek mengungkapkan untuk berbagi pengetahuan terkait perbankan, finansial dan kebijakan moneter di Eropa sebagai wawasan bagi mahasiswa di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Akademik STIE Ekuitas Martha Fani Cahyandito mengatakan, seminar dengan pembicara internasional ini merupakan bagian dari langkah mewujudkan visi STIE Ekuitas untuk Go International pada 2016.

”Saat ini mahasiswa pengetahuannya masih banyak tentang perbankan di Indonesia sehingga tidak ada salahnya melalui International Month ini menghadirkan pembicara dari luar negeri dan STIE Ekuitas memiliki partner dari luar yang dapat membantu mewujudkan visi internasional ini,” ujarnya.

STIE Ekuitas akan menghadirkan pembicara-pembicara internasional lain pada acara rangkaian International Month yang akan datang, yaitu Seminar Islamic Economy Tips & Tricks How to Get IDB Fund dengan Pembicara dari Sudan Haydr, International Workshop Make Your Research Going Global dengan pembicara dari Ukraina Darina Prokhrova serta Green Economy dengan pembicara dari Jerman Frank Abinger. (fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan