Asuransi Kebal Krisis

[tie_list type=”minus”]Makin Banyak Orang Kaya Baru[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Lesunya pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh pada kinerja industri asuransi jiwa. Terbukti, pada kuartal II 2015, total pendapatan premi industri asuransi jiwa meningkat 26,6 persen menjadi Rp 67,82 triliun bila dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang mencapai Rp 53,58 triliun.

”Saya sudah 26 tahun di industri asuransi. Pengalaman saya, industri asuransi ini tidak pernah surut, bahkan terus naik meski terjadi krisis ekonomi berkali-kali. Hanya pernah sekali turun saat krisis ekonomi 1998. Saya yakin krisis sekarang ini tidak berpengaruh,” ujar Direktur PT Zurich Topas Life Oemin Handajanto pada sela-sela launching produk MahaCita Protection baru-baru ini.

Dia optimistis pasar asuransi di Indonesia akan terus tumbuh karena peluangnya masih sangat besar. Tercatat, pemilik asuransi baru sekitar 2 persen dari total penduduk Indonesia. Padahal, pendapatan per kapita terus meningkat. ”Tercatat, ada 20 juta orang yang masuk kategori menengah atas dengan penghasilan tinggi,” jelasnya.

Chief Marketing Officer (CMO) PT Zurich Topas Life Heru Gunadi yakin ekonomi Indonesia bakal kembali membaik. ”Ini hanya seperti kita naik pesawat. Ada turbulensi. Sehingga agak oleng kanan kiri, tapi tetap terbang dan melaju dengan baik. Tapi, tidak akan lama. Ekonomi akan tumbuh lagi,” tutur dia.

Karena itu, Zurich berani memperkenalkan produk MahaCita Protection kepada masyarakat menengah atas di Sumatera Selatan (Sumsel). Produk tersebut kali pertama diluncurkan di Surabaya, Jawa Timur, pada 1 Oktober lalu. Setelah itu, promosi dilanjutkan ke Kalimantan. ”Potensi pasar Sumsel sangat besar. Di sini banyak toke (orang kaya, Red),” ungkapnya.

Tercatat, pertumbuhan ekonomi Sumsel pada triwulan II 2015 sebesar 4,87 persen (yoy) atau mengalami perbaikan jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang hanya 4,74 persen (yoy). Perekonomian Sumsel diperkirakan terus tumbuh seiring dengan meningkatnya investasi dan penyerapan anggaran belanja pemerintah. ”Ada 100 agen yang siap menjaring pasar Sumsel,” papar dia.

Total, Zurich memiliki 6.500 agen di seluruh Indonesia yang siap menjadi konsultan bagi masyarakat yang ingin mempunyai produk MahaCita Protection. ”Berdasar riset diketahui ada empat hal yang menjadi keinginan utama nasabah. Yaitu, menyiapkan dana pendidikan anak, ingin menikmati hari tua dengan nyaman, gaya hidup seperti beli motor gede, lalu menyiapkan warisan,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan