OCBC NISP Tingkatkan Literasi Keuangan Siswa SMA

BANDUNG – Bank OCBC NISP meluncurkan permainan game smart financial planning untuk mengedukasi pelajar dan remaja dalam mengelola keuangannya. ”Game itu diluncurkan agar para siswa bisa belajar melakukan manajemen keuangan secara baik, benar, dan tepat. Termasuk mengedukasi mereka untuk menabung,” kata National Business Head Bank OCBC NISP Suwardi Candra di SMA Kristen Paulus, Bandung, kemarin (20/10).

Bank OCBC NISP
AHMAD TAOFIK/BANDUNG EKSPRES

MENGAJARKAN: National Business Head Bank OCBC NISP Suwardi Candra saat membimbing siswa SMA Paulus kemarin (20/10)

Pelaksanaan edukasi manajemen keuangan dengan game yang dilakukan melalui telepon pintar tersebut dilakukan di SMP dan SMA di Kota Bandung yang diikuti oleh puluhan peserta. Edukasi literasi keuangan itu dikemas secara apik dalam bentuk permainan menarik, sehingga menyenangkan dan mudah diingat oleh peserta.

”Dalam permainan itu peserta dituntut untuk bisa memanfaatkan tabungan yang ada, untuk bisnis, investasi, belanja dan asuransi. Sehingga mereka mengetahui aktivitas perbankan dan menajemen keuangan yang baik,” ungkapnya.

Di akhir permainan, para pelajar itu mendapatkan poin dari aktifitasnya melakukan manajemen keuangan. Bagi mereka yang mendapat poin tertinggi dianggap menjadi peserta yang paling baik dalam melakukan perencanaan keuangannya.

”Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan perbankan pada program OJK di bidang literasi keuangan,” pungkas Suwardi.

Program yang berlangsung dari September hingga Oktober 2015 itu, kata Suwardi, menyasar siswa/siswi di tingkat SMA di Jakarta dan Bandung. Dalam kesempatan itu, Suwardi menambahkan, pertumbuhan kredit Bank OCBC NISP periode Januari hingga Oktober 2015 mencapai Rp 11 triliun atau meningkat 20 persen. Sementara keuntungan kotor mencapai 1 triliun. (fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan