Warga Protes Fasum Rusak

[tie_list type=”minus”]Tidak Ada Sosialisasi Pada Masyarakat[/tie_list]

CIMAHI – Warga RW 04 Komplek Perumahan Cimindi Raya Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara komplain. Pasalnya, fasilitas umum (fasum) di wilayah mereka menjadi rusak akibat digunakan pembangunan Jalan Aruman.

Dikta, salah seorang tokoh pemuda setempat mengatakan, ada perubahan pelaksanaan proyek Jalan Aruman yang melintasi komplek perumahan Cimindi Raya. Awalnya, pembangunan jalan Aruman tersebut akan melewati jalan milik perumahan. Namun, karena ada komplain dari warga setempat, akhirnya rencana tersebut dilakukan perubahan dengan membongkar taman yang sebelumnya merupakan fasilitas umum di wilayah perumahan.

”Awalnya, terusan Jalan Aruman ini akan tembus ke sebelah kiri jalan yang ada di perumahan, namun entah kenapa sekarang taman yang ada sejak lama dibongkar, akhirnya sejumlah pohon yang ada di taman tersebut ditebang,” jelasnya, kemarin.

Dia mengira, penebangan pohon itu hanya ranting-rantingnya saja. ”Ternyata seluruh pohon yang ada ditebang juga,” kata dia. Ironisnya, sebelum penebangan pohon tersebut tidak ada izin terlebih dahulu kepada warga. ”Bapak saya yang menanam pohon dan merawatnya sejak 30 tahun lalu, namun saat dilakukan penebangan pohon, sebelumnya tak pernah disampaikan dulu kepada kami,” tuturnya.

Atas hal itu, kata Dikta, dirinya mempertanyakan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan lalu diminta untuk menyampaikannya kepada Kantor Lingkungan Hidup. Dari sana diminta untuk mendatangi pihak Dinas Pekerjaan Umum. Tetapi sampai saat ini belum ada penjelasan yang pasti tentang hal itu.

Pihaknya meminta, pemerintah mau menanggapi keluhan yang disampaikannya. Jangan sampai dipingpong dari satu dinas ke dinas lain. ”Kami juga mempertanyakan kenapa saat sosialisasi, hanya warga tertentu saja yang diundang sebagian besar warga di sini justru banyak yang tidak diajak untuk bicara. Yang diundang sosialisasi justru lebih banyak dari warga RW 14, sedangkan kami yang terdekat dengan lokasi pembangunan justru hanya beberapa orang saja yang diajak untuk sosialisasi,” paparnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi I Made Wardana menyebutkan, sudah melakukan sosialisasi kepada warga RW 04 dan RW 14 Kelurahan Pasirkaliki yang wilayahnya terkena pembangunan Jalan Aruman. Bahkan pihaknya membantah jika lahan yang digunakan untuk pembangunan terusan jalan tersebut merupakan fasilitas umum perumahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan