oleh

10 Kuliner Jadi Warisan Budaya

JAKARTA – Penetapan warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini sangat beragam. Ini tidak lepas dari masuknya aneka kuliner dalam daftar mata budaya yang ditetapkan. Total ada sepuluh kuliner khas nusantara masuk dalam 121 warisan budaya tak benda Indonesia 2015.

kuliner
Istimewa

LEZAT: Lempah kuning dari Bangka Belitung ditetapkan jadi warisan tak benda oleh Kemendikbud. Selain olahan ikan kerapu tersebut, 9 kuliner khas Tanah Air juga dimasukkan daftar warisan budaya.

Kesepuluh kuliner goyang lidah itu mewakili Indonesia mulai dari barat sampai timur. Dimulai dari lempah kuning dari Bangka Belitung, kue bolu lapan jam (Sumatera Selatan), gulai taboh dan seruit (Lampung), sate bandeng Serang (Banten), dan gudeg dari Jogjakarta.

Kemudian ada ayam taliwang khas dari NTB, bubbor paddas (Kalimantan Barat), Cotto Makassar (Sulawesi Selatan), dan terakhir olahan tepung sagu papeda dari Papua Barat.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan menuturkan penetapan mata budaya tak benda sifatnya terbuka. ’’Tidak ada pengkhususan untuk seni tari, kuliner, atau jenis kebudayaan lainnya,” katanya kemarin. Namun khusus untuk kuliner ini, Kacung mengatakan dia menyambut positif karena banyak yang lolos penetapan warisan budaya tak benda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga