Wiiih, Madonna Juga Pakai Batik

bandungekspres.co.id – Sudah tujuh tahun United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. Jauh sebelum itu, Indonesia mengenal batik sebagai lambang keanekaragaman budaya.

Sebab, batik tidak hanya berasal dari daerah tertentu. Aneka ragam dan corak batik ada di seluruh wilayah Indonesia.

Secara resmi, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober. Meski demikian, sejatinya, batik menjadi identitas bangsa sejak lama.

Berdasar daerah asal, batik yang kita kenal, antara lain, batik Pekalongan, Solo, Jepara, Bali, Jogjakarta, Madura, Cirebon, Aceh, Banten, dan masih banyak lagi.

Kini batik tidak hanya dipakai untuk acara-acara tertentu. Batik yang dulu identik dengan acara sakral, seperti pernikahan, upacara adat, dan upacara keagamaan, semakin berkembang.

Batik yang dianggap kuno oleh sebagian kalangan kini tidak lagi. Bisa dibilang, batik sangat fashionable. Batik menjelma menjadi tren tersendiri.

Baik bagi kaum tua maupun kalangan muda. Bahkan, kini anak muda tidak malu-malu lagi memakai batik sebagai busana harian, terlebih pada acara formal.

Seiring dengan perkembangan teknologi, batik juga menjadi bagian dari trending topic di media sosial. Di Hari Batik pada 2 Oktober lalu, puluhan juta masyarakat Indonesia menunjukkan kebanggaan mereka pada batik, warisan asli budaya Indonesia, kepada dunia.

Melody Nurramdany, member JKT48, tidak ketinggalan nge-tweet tentang kebanggaannya pada batik. Via akun twitter-nya, @melodyJKT48, dia menulis, ”Selamat Hari Batik Nasional! Semoga, batik Indonesia makin mendunia. Amin.”

Jauh sebelumnya, di era 1980-an, superstar dunia, Madonna, juga menjadikan batik sebagai fashion item-nya. Dia mengenakan batik dalam satu sesi pemotretan.

Kini, selain Madonna, banyak artis Hollywood lainnya yang juga pernah tertangkap kamera paparazi mengenakan batik. Mereka adalah Jessica Alba, Dakota Fanning, Reese Witherspoon, dan Heidi Klum. Batik memang fashionable dan mendunia. (radar surabaya/awa/jpg)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan