Das dumme Ding von Dublin 

Pernyataan dari bek Borussian Dortmund itu merujuk kepada seringnya Irlandia melakukan passing-passing panjang sehingga memaksa Bastian Schweinsteiger dkk lebih sering terlibat dalam duel udara.

Statistik WhoScored memperlihatkan terjadi 19 kali duel udara oleh kedua tim. Namun, sebanyak 74 persen atau 14 diantaranya dimenangkan oleh tuan rumah. Gol kemenangan The Boys in Green, sebutan Republik Irlandia, pun berawal dari umpan panjang yang dilakukan oleh kiper Shay Given sehingga Long mampu melewati tiga bek Jerman sekaligus.

Ini bukanlah kali pertama negara pimpinan Kanselir Angela Merkel itu dikalahkan dengan duel udara. Ketika hanya mampu menang tipis atas Skotlandia 3-2 7 September lalu, Jerman juga kalah di udara dengan 15 berbanding 16.

”Aku terlalu lambat menghadang bola jauh itu. Mungkin aku bukan yang satu-satunya. Namun, aku menerimanya sebagai tanggung jawabku,” papar pemain 26 tahun tersebut. Loew pun juga sependapat dengan anak asuhnya.

”Ini adalah salah satu dari kekalahan tidak perlu yang kami derita dalam beberapa tahun ini,” keluh Loew seperti dilansir AFP. ”Seperti yang diharapkan, kami menghadapi sembilan atau 10 pemain di belakang bola. Dan Irlandia hanya terus menggulirkan bola-bola panjang dan memaksimalkan satu peluang yang bisa mereka dapatkan,” paparnya.

Pelatih 55 tahun yang membawa Jerman menjadi juara dunia tahun lalu itu pun menegaskan kepada anak asuhnya bahwa tiket putaran final harus bisa dikunci dengan kemenangan meyakinkan atas Georgia di kandang sendiri.

Apalagi, mereka juga terancam tidak diperkuat oleh dua pilar andalannya jelang kontra Georgia nanti. Kapten tim Bastian Schweinsteiger yang mengalami nyeri pada paha kirinya hanya bisa duduk di bangku cadangan, sementara penyerang Mario Goetze mengalami tarikan pada otot kakinya ketika berduel dengan gelandang Irlandia James McCarthy sehingga harus ditarik keluar dan digantikan oleh Andre Schuerrle di menit 35.

Ini bisa ditambah dengan masalah kebugaran yang menimpa winger Marco Reus sehingga makin memusingkan Loew. ”Mario Goetze sudah pasti tidak akan tampil pada Minggu nanti,” ujar Loew seperti dilansir ESPN. ”Sementara untuk Bastian Schweinsteiger, kami harus wait and see. Tapi, peluangnya bisa jadi sangat kecil,” cetusnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan