Populerkan Batu Akik Oncom

[tie_list type=”minus”]Ketua Dekranasda KBB Gelar Pelatihan Produksi[/tie_list]

NGAMPRAH – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat bekerjasama dengan Asosiasi Batu Bandung Barat serta Pemkab Bandung Barat menggelar Pelatihan Produksi Batu Akik Oncom di Kantor Sekretariat Tim Penataan dan Pengelolaan Kawasan Wisata Situ Ciburuy Padalarang kemarin (6/10).
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bandung Barat Elin Suharliah Abubakar mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar ke depan terlahir para pengrajin batu di Kabupaten Bandung Barat yang lebih handal. Selain itu, dengan menggelar pelatihan seperti ini bisa membawa jenis batu khas Kabupaten Bandung Barat ke seluruh Indonesia hingga mancanegara. ”Wilayah Bandung Barat memiliki potensi batu yang luar biasa. Dibutuhkan pengrajin yang luar biasa, agar pada proses dari mulai bongkahan hingga pemolesan menghasilkan batu akik dan perhiasan yang mampu menarik minat masyarakat,” kata Elin kepada wartawan usai membuka acara Pelatihan Produksi Batu Akik Oncom.
Elin menuturkan, jika hasil batu akik ini menghasilkan polesan yang menarik, maka bisa menarik wisatawan dari luar daerah untuk datang ke Kabupaten Bandung Barat. Salah satu batu akik yang mampu menarik wisatawan, kata dia, yakni batu akik jenis oncom. Batu ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki wilayah lainnya. ”Kita punya ciri batu akik yang mampu menarik wisatawan yang datang ke Bandung Barat. Makanya, batu akik jenis oncom ini selalu kita promosikan,” ujarnya.
Bahkan, untuk mempopulerkan batu akik oncom, pihaknya juga sudah mengusulkan kepada panitia PON Jawa Barat, agar batu akik oncom menjadi salah satu cenderamata pada perhelatan Olahraga Nasional itu yang akan digelar di sejumlah wilayah di Jawa Barat. ”Kita usulkan untuk jadi cenderamata pada PON nanti, kita juga berencana membuat galeri batu akik oncom di setiap daerah,” ujarnya.
Sementara itu, Pembina Asosiasi Batu Bandung Barat, Maman S Sunjaya mengatakan, batu-batu yang berasal dari Bandung Barat memiliki ciri khas dibandingkan dengan yang lainnya. Mulai dari jenis batu gambar, batu asedon, batu oncom dan beberapa jenis lainnya. ”Totalnya jenis batu yang kita miliki dari Bandung Barat ini ada 21 jenis batu,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan