oleh

TNI Siap Hadapi Perang Model Baru

[tie_list type=”minus”]Panglima Soal Tantangan Di HUT ke-70 [/tie_list]

JAKARTA – Hari ini, pertunjukan hebat akan terselenggara di Pantai Kiat Indah, Cilegon, Banten. Untuk pertama kalinya, tiga matra TNI, yakni AD, AU dan AL akan berdemonstrasi tempur bersama menggunakan peluru asli. Kemegahan tersebut merupakan puncak perayaan HUT TNI yang ke-70.

Pertempuran di laut itu, disebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai bentuk komitmennya mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia. Tak tanggung-tanggung, 5.540 prajurit dan 247 alutsista milik tiga matra akan diturunkan dalam pertempuran air yang menegangkan. ’’Saya undang masyarakat berduyun-duyun ke sana,” ujarnya di Jakarta kemarin (4/10).

Di usia yang 70 tahun, Gatot mengakui, ada beberapa hal yang masih menjadi tantangan TNI. Yang perlu segera dirumuskan strateginya adalah bergesernya model peperangan di dunia internasional. Sebab, menurutnya, peperangan saat ini merupakan peperangan yang berlatar belakang energi. ’’Bahkan ke depan bisa berlatar belakang pangan,’’ ungkapnya.

Dalam konteks tersebut, Indonesia dinilai Gatot dalam kondisi yang rawan. Sebab, Indonesia berada digaris equator yang diberikan potensi energi dan pangan yang besar. Dan situasi tersebut tidak hanya mengancam TNI, melainkan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga