oleh

Pasar Langsung Respon Positif

 [tie_list type=”minus”]Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II Stimulus Pemerintah[/tie_list]

JAKARTA – Pelaku pasar tampak antusias menyambut paket kebijakan stimulus pemerintah. Itu terefleksi dari apresiasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di lantai bursa efek indonesia (BEI). Indeks menguat 57 poin atau 1,41 persen ke posisi 4.178 poin.

Dibanding penutupan bursa kawasan regional Asia, Indeks terlihat kuat. Selain sentimen domestik, perlu diwaspadai spekulasi bank sentral Amerika Serikat (The Fed), soal suku bunga acuan. ”Sentimen utama gerak Indeks untuk beberapa hari ke depan masih dipengaruhi spekulasi The Fed,” tegas Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo.

Selama The Fed bilang Satrio, belum menaikkan suku bunga, Indeks bakal mengalami kesulitan untuk bergerak mengikuti sentimen dalam negeri. Mau tidak mau, gerak indeks masih akan didominasi sentimen global. Kebijakan itu diharap mengurangi pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pelambatan ekonomu kuartal tiga tahun ini.

Kebijakan itu antara lain menarik devisa ekspor ke bank domestik. Fokus pertama memperbaiki daya beli masyarakat dengan menurunkan bahan bakar minyak (BBM), yang tengah digodok kementerian. Selanjutnya, Bank Indonesia (BI) bakal melonggarkan transaksi forward dari sebelumnya USD 1 juta per transaksi menjadi USD 5 juta per transaksi dan menyediakan tenor hedging atas utang valas dari 3-6 bulan menjadi 1 tahun.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga