Ujian Barca Tanpa Si Kutu

[tie_list type=”minus”]

Barcelona v Bayer Leverkusen

[/tie_list]

 CATALAN – Barcelona tak lagi meratapi cedera panjang yang dialami Lionel Messi. Segenap elemen Nu camp bahkan menjadikan absennya Messi sebagai momen untuk membuktikan kualitas mereka sebagai tim yang tidak bergantung kepada pemain berjuluk La Pulga itu.

Situasi ini tentunya akan menajdi ajang pembuktian saat Azulgrana menjamu Bayer Leverkusen pada laga kedua Grup E Liga Champions, dinihari nanti. Pelatih Luis Enrique akan menyiapkan skema baru untuk menyiasati absennya Messi.

Messi dipastikan absen selama kurang-lebih dua bulan akibat cedera yang dia alami ketiga tampil melawan Las Palmas, pekan lalu. Cedera Messi sempat menjatuhkan mental para pemain Barca yang sangat bergantung kepadanya. Tapi Enrique cepat-cepat menenangkan situasi. Dia maju ke depan, menerangkan kepada publik bahwa timnya akan mampu mempertahankan konsistensi permainan meski tanpa Messi.

Tentu saja ada yang akan berubah dalam hal skema dan formasi permainan.”Tanpa Messi, kami kehilangan banyak hal dalam gaya permainan tim dan sekarang kami harus mengatur lagi secara kolektif. Tapi saya yakin kami bisa melewati situasi ini,” kata Enrique kepada Sky Sports.

Enrique akan memulai perubahan skema itu saat menghadapi Leverkusen nanti. Tanpa Messi, Enrique kemungkinan akan memainkan skema dua penyerang saja. Ini menjadi momen tersendiri bagi Luis Suarez dan Neymar yang selama ini berada di bawah bayang-bayang kebesaran Messi. Menghadapi Leverkusen nanti, keduanya harus membuktikan bahwa mereka bisa tetap tajam meski tanpa sevice dari La Pulga.

”Kami akan mampu mengatasinya karena kami memiliki karakter dan keberanian. Absennya Messi kami anggap sebagai sebuah ujian dan stimulus,” imbuhnya.

 

Peran Iniesta juga akan semakin vital. Tanpa Messi, Enrique dipastikan akan menempat Enrique lebih dekat dengan Neymar dan Suarez. Fungsinya, selain sebagai penyalur bola, juga untuk mengecoh konsentrasi barisan pertahanan Leverkusen. Jika Enrique berhasil memaksimalkan potensi Neymar, Suarez dan Iniesta ini, Barca tampaknya tak akan mengalami kesulitan untuk menaklukkan Leverkusen.

Hal itu disadari benar oleh gelandang Leverkusen Christoph Kramer. Dia yakin, meremehkan Barca yang tidak diperkuat oleh Messi, hanya akan berujung bencana bagi timnya nanti. ”Semua tim akan kehilangan Messi. Tapi Barcelona masih memiliki pemain kelas dunia lainnya,” kata Kramer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan