oleh

Puncak Perayaan HUT TNI Bakal Menegangkan

JAKARTA – Pertunjukan dan parade militer yang berbeda dijanjikan Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo dalam peringatan HUT ke-70 tahun ini. Tidak hanya megah, pertunjukan yang menegangkan juga akan di suguhkan TNI pada hari puncak yang digelar di Pantai Indah Kiat, Cilegon 5 Oktober mendatang.

’’Acara sudah siap, lebih menegangkan dari tahun kemarin,’’ ujar mantan Pangdam Brawijaya itu di sela-sela pelepasan lomba lari di Monas, Jakarta kemarin (27/9), yang juga salah satu rangkaian HUT TNI ke 70.

Ketegangan tersebut disebabkan adanya demonstrasi pertempuran laut dan udara yang melibatkan belasan ribu prajurit dan ratusan alutsista laut dan udara. Meski bertajuk demonstrasi, prajurit TNI AL dan TNI AU akan menggunakan peluru sungguhan. ’’Jangan ada yang coba-coba berenang di laut situ,’’ imbuhnya berkelakar.

Dipilihnya Cilegon pun tidak lepas dari konsep tersebut. Selain relatif dekat dari ibu kota, pantainya pun memungkinkan untuk dilakukannya pertempuran laut dan udara. Sebelumnya TNI sempat mempertimbangkan dua kota lain, yakni Surabaya dan Palu.

Menurut Gatot, dipilihnya pertempuran udara dan laut merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah mewujudkan Poros Maritim Dunia. ’’Seperti janji saya saat fit and proper test di DPR,’’ terang mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga