Kader Ranting Harus Peran Aktif

[tie_list type=”minus”]Berikan Solusi Permasalahan Pada Masyarakat[/tie_list]

CIMAHI – DPP Partai Demokrat menginstruksikan kepada seluruh kadernya di tingkat akar rumput, ranting, dan pimpinan anak cabang (PAC) seluruh daerah untuk peka dan berperan aktif dalam masyarakat.

Wakil Bendahara DPP Partai Demokrat Agung Budi Santoso mengatakan, sudah merupakan suatu kewajiban kader memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. ’’Partai Demokrat hadir di tengah masyarakat untuk membantu memberikan solusi pada setiap permasalahan yang ada di masyarakat,’’ jelas Agung di sela-sela penyampaian 4 Pilar Kebangsaan di Citereup, Cimahi, kemarin (27/9).

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh kader dan simpatisan bergerak dan membantu masyarakat di lingkungannya apabila menemukan sebuah permasalahan. Menurutnya, tindakan ini sangat penting, sebab sesuai dengan perintah Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa bentuk kepedulian dan kepekaan adalah identitas partai Demokrat yang selama ini dibangun. Bahkan SBY juga menganjurkan agar melakukan survei masyarakat. ’’SBY memerintahkan dibuat survei 10 macam yang disukai masyarakat terhadap daerahnya dan 10 macam yang tidak disukai masyarakat,’’ jelas dia.

Dengan demikian, segala permasalahan di daerah tersebut bisa segera diatasi dengan tindak lanjut oleh kader, terutama yang berhubungan dengan pemerintah. ’’Saya pikir bagi kader yang duduk di legislatif, baik daerah ataupun pusat sudah menjadi kewajiban untuk memberikan solusi dan membantu sebagai jembatan penghubung masyarakat kepada pemerintah daerah atau pemerintah pusat,’’ ucap Agung.

Untuk itu, peran aktif di tingkat ranting dianggap memiliki peranan penting. Pasalnya, kader-kader di tingkat ini memiliki hubungan kedekatan secara langsung dengan masyarakat dan informasi yang didapat bisa dijadikan dasar untuk memonitor pembangunan di daerah atau yang menjadi kewenangan pusat.

Agung mencontohkan, selama dirinya turun langsung ke lapangan ternyata banyak sekali berbagai keinginan dan keluhan masyrakat yang harus diakomodir. ’’Banyak permasalahan sosial, pembangunan infrastruktur, pelayanan birokrasi, kesehatan dan lainnya yang harus ditindaklanjuti serta disampaikan ke pihak terkait, sehingga keluhan masyarakat terjawab,’’ urai Agung.

Oleh karenanya, kader di tingkat ranting sudah saatnya menjadi motor penggerak dengan membantu menyosialisasikan tata cara kehidupan bermasyarakat berdasarkan wawasan pilar kebangsaaan, sekaligus sebagai petugas partai untuk melayani dan menjembatani apapun keluhan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan