Ekstrakulikuler SMP 10 Goyang Nasional

CIMAHI – Siapa sangka jika SMPN 10 Kota Cimahi ini memiliki seabreg prestasi dari berbagai tingkatan: Cimahi, Jawa Barat dan Nasional.
Menurut kepala SMP Negeri 10 Yunus Paulain, selain mendongkrak prestasi di bidang akademik, sekolah yang berada di perbatasan antara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat ini sedang menggenjot prestasi di bidang ekstrakurikuler (ekskul).
”Beberapa kegiatan ekskul di SMPN 10 alhamdulillah sudah banyak meraih prestasi baik di tingkat kota, tingkat provinsi bahkan hingga tingkat nasional,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin,
Menurut Yunus, salah satu bidang ekskul yang sudah banyak meraih prestasi itu adalah bidang patriot yaitu Paskibraka, Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR). Yang lainnya sedang digenjot untuk mencapai prestasi yang sama.
Bukan tanpa alasan kenapa bidang patriot ini terus dilakukan pembinaan. Pasalnya, dengan penanaman patriotisme dikalangan siswa, pihak sekolah bisa menggali potensi dari sisi non-akademik.
Dijelaskannya, minat dan bakat siswa bisa muncul di bidang non-akademik bisa terjadi karena siswa memperoleh pendidikan secara langsung. Hal ini untuk rangsang kecerdasan otaknya.
Dari sisi non-akademik seperti patriotism, kata dia bisa ditanamkan nilai-nilai tanggung jawab, keberanian, kejujuran ayai kemandirian. ”Dengan ekskul patriot ini siswa diajarkan bagaimana menjadi orang yang disiplin, tanggung jawab, kejujuran,” tuturnya.
”Yang lebih penting soal kemandirian untuk bekal mereka meneruskan pendidikannya ke jenjang selanutnya. Sebab, dari sisi akademik juga siswa kami lulusannya 90 persen bisa di terima di sekolah negeri,” jelasnya.
Dia menyebutkan, banyak prestasi yang pernah diraih oleh SMP 10 di bidang patriot ini. Beberapa waktu lalu, mereka pernah menjuarai kompetisi Paskibraka di di SMA 3 Padalarang dengan tiga gelar juara. Pada September ini juga mendapat predikat juara tiga utama dari Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi dan prestasi lainnya di ajang O2SN menjadi wakil Kota Cimahi pada pelajaran IPS.
Bahkan prestasi tertinggi pernah diraih SMP 10 di ajang nasional yang dilaksanakan SMA Terpadu Binaan Mantan Wapres Try Sutrisno sebagai Juara II Nasional. ”Alhamdulillah dibidang ekskul ini siswa kami bisa menggoyang nasional,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan